Tips Memiliki Dapur Terbuka

Dapur terbuka

Dapur adalah salah satu bagian penting dalam sebuah rumah. Dapur merupakan tempat dimana kita memasak makanan, menyiapkan minuman, dan berkumpul bersama keluarga. Namun, dapur juga dapat menjadi bagian dari desain rumah yang indah dan menarik. Salah satu konsep dapur yang sedang populer saat ini adalah konsep dapur terbuka. Sebenarnya konsepnya sendiri sederhana, di mana posisi dapur terletak di salah satu sudut rumah dan dibiarkan setengah terbuka. Dapur dengan konsep terbuka mengacu pada kurangnya sekat di dapur dengan ruangan sekitarnya, dan biasanya menggabungkan ruang makan atau ruang tamu. Rumah dengan dapur terbuka telah populer sejak tahun 90-an, serta terus mendapatkan popularitas dalam pembangunan dan renovasi rumah hingga saat ini. 

Baca Juga : Inspirasi Desain Dapur Minimalis

Sebagian orang beranggapan bahwa dapur terbuka hanya bisa digunakan untuk mereka yang memiliki lahan yang luas, namun ternyata konsep ini juga bisa digunakan pada lahan yang sempit. Berikut ini adalah beberapa tips bagi anda yang memiliki lahan sempit dan ingin menggunakan konsep dapur terbuka!

1. Tentukan Lokasi

lokasi dapur yang tepat
Lokasi dapur yang tepat berada didekat ruang makan dan
memiliki pencahayaan yang terang

Pertama, pastikan untuk menentukan lokasi dapur dengan tepat. Dapur harus berada di tempat yang mudah diakses dan dekat dengan ruangan lain seperti ruang tamu atau ruang makan. Hal ini akan memungkinkan kita untuk berinteraksi dengan orang lain sambil memasak. Selain itu, pastikan juga untuk menempatkan dapur di tempat yang cukup terang. Dapur yang terang akan memberikan kesan yang lebih indah dan segar.

2. Gunakan Maksimal 2 Kombinasi Warna pada Konsep Dapur Terbuka

Desain dapur terbuka yang dengan perpaduan warna putih dan coklat

Tips yang kedua, jika anda suka mencampurkan warna dalam satu ruangan pastikan anda menggunakan 2 warna agar dapur kalian tidak terlihat sempit. Dalam satu ruangan jika anda ingin terlihat luas sebaiknya menggunakan satu komponen warna saja, hal itu dikarenakan ketika mata memandang hanya akan fokus terhadap satu warna yang dominan sehingga seakan-akan membuat fatamorgana terhadap ruang yang kalian lihat terkesan lebih luas. Dua warna ini bisa anda tentukan sesuai keinginan, namun biasanya percampuran 2 warna yang terlalu terang juga tidak begitu indah untuk di pandang, alih-alih terlihat luas, dapur anda akan terlihat penuh. Anda bisa menggabungkan 2 warna seperti hitam yang banyak terdapat pada besi hollow dengan warna coklat yang banyak ditemukan pada kayu. Kombinasi warna tersebut  membuat tema dapur terlihat lebih luas dan elegan.

3. Desain Dapur “I”

Desain dapur I
Desain dapur I

Salah satu kunci membuat desain dapur terbuka yang nyaman adalah pemilihan layout yang tepat. Hal itu menjadi penting dikarenakan, layout dapur akan berpengaruh terhadap tampilan dapur. Salah satu Layout yang paling direkomendasikan adalah bentuk “I” dikarenakan bentuk ini yang paling cocok diterapkan. Desain ini sederhana dan hemat tempat sehingga dapur makin terasa lapang.

Agar dapur makin cantik, buatlah taman di dekatnya. Namun Anda bisa menutup batu pada keseluruhan tanah agar taman tidak becek ketika hujan dan menghindari tikus masuk ke dapur dengan menggali tanah dari luar rumah. Tampilan taman batu pun begitu serasi dengan desain dapur terbuka minimalis.

4. Dapur Atap Terbuka

Desain dapur dengan atap transparan
Desain dapur dengan atap transparan

Desain seperti ini membuat tampilan dapur lebih terang sekaligus membawa suasana alam. Buat Perkasa Partner yang masih khawatir dapur dan rumah jadi panas, Sesuaikan bahan penutup atap dapur dengan kondisi rumah Anda. Jika posisi dapur cukup teduh karena keberadaan pohon di sekitar rumah, penutup atap transparan bisa dipilih. Jika tidak, kombinasikan pilihan material antara penutup atap yang transparan dan yang tidak. Ada pula material polikarbonat berwarna yang bisa dipilih.

Nah, itu tadi adalah beberapa tips untuk membuat dapur terbuka dengan luas yang minimalis. Anda bisa membeli kebutuhan material dan besi hollow di SMS Perkasa untuk membuat tampilan dapur terbuka Anda menjadi semakin menarik. Selamat mencoba!

Bagikan sekarang