Tips Agar Besi Tidak Mudah Berkarat: Do’s and Don’ts

Besi merupakan sebuah komoditas yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Mulai dari pagar, kolam renang, hingga pondasi jalan raya serta bangunan, semua terbuat dari bahan besi. Oleh karena itu, tentu besi merupakan sebuah komoditas yang memiliki peran penting dan banyak dicari orang. Namun, Perkasa Partner mungkin sering merasa kecewa bila besi yang anda miliki tiba-tiba mengeluarkan karat, karena itu berarti lagi-lagi anda harus mengeluarkan uang. Tiap tahun, bisnis-bisnis di Amerika bisa mengalami total kerugian sebesar 7 Milyar USD hanya karena besi-besi yang berkarat. Oleh karena itu, yuk baca tips dibawah ini agar mengetahui apa yang harus dilakukan agar besi anda tidak mudah berkarat!

Pelapisan Besi

Don’ts: Terpapar Udara dan Air

Salah satu alasan mengapa besi bisa mudah berkarat adalah karena adanya proses yang disebut dengan korosi. Korosi, merupakan proses kimia yang membuat logam membusuk. Salah satu faktor yang menyebabkan korosi adalah udara dan air, dimana udara lembab yang banyak mengandung uap air akan mempercepat berlangsungnya proses korosi dan pada akhirnya akan menciptakan karat. Karena itulah, besi yang terpapar udara dan air menjadi cepat sekali berkarat.

Do’s: Melapisi Besi

Tips pertama agar besi anda tidak mudah berkarat adalah dengan melapisi besi menggunakan bahan logam atau non-logam. Hal ini dikarenakan besi yang telah dilapisi akan cenderung lebih tidak mudah berkarat dibandingkan besi yang telanjang atau terpapar langsung dengan udara dan air. Terutama bagi Perkasa Partner yang berencana untuk mengubur besi di tanah, kami sangat merekomendasikan untuk melapisi besi terlebih dahulu sebelum menguburnya. Sebab, tanah serta tanah liat merupakan penghantar listrik dan sebagian jenis tanah memiliki kekuatan menghantar yang kuat, sehingga dapat menyebabkan korosi terhadap besi.

Contoh dari bahan logam yang biasa digunakan untuk melapisi besi adalah antara lain; emas, nikel, platina, tembaga, dan timah. Hal ini bertujuan untuk menghambat proses pengkaratan pada besi itu sendiri.

Perkasa Partner juga bisa mencoba bahan-bahan non-logam seperti cat, kaca, plastik, dan pelumas oli untuk melapisi besi anda. Menggunakan bahan-bahan ini cenderung lebih terjangkau dari segi harga. Kami juga merekomendasikan Perkasa Partner untuk melakukan pengecatan terhadap produk besi anda minimal sekali dalam 3 tahun untuk menghindari risiko berkarat. Alternatif lain adalah untuk melapisi bagian luar besi dengan pelumas seperti oli dan vaseline.

Rekomendasi lain yang bisa kami berikan kepada Perkasa Partner adalah memilih besi jenis galvanis. Besi galvanis lebih tahan karat dan korosi dibandingkan besi yang telah dicat, karena bila besi galvanis mengalami korosi, maka yang terkena korosi hanya galvanis atau sengnya, bukan besinya.

Baca juga: Mengulik Jenis-jenis Pipa Besi

Penyimpanan Besi

Don’ts: Tidak Disimpan dengan Benar

Besi yang disimpan dengan sembarangan bisa cepat berkarat. Apalagi, bila besi disimpan di tempat yang terpapar sinar matahari atau oksigen. Manufacturing.net juga menyampaikan bahwa besi yang terkena air juga akan mudah berkarat, apalagi bila air tersebut merupakan air laut atau air yang mengandung garam. Jadi, sebisa mungkin jangan simpan besi anda di area-area yang berdekatan dengan laut.

Do’s: Memperhatikan Suhu Penyimpanan

Karena menaruh besi di tempat yang terpapar langsung dengan matahari dapat mempercepat pengkaratan besi, maka kami merekomendasikan Perkasa Partner untuk menyimpan besi di tempat yang suhu lingkungannya bisa dimodifikasi agar kualitas besi tetap bagus. Ide tempat penyimpanan yang ideal lainnya adalah tempat dengan temperatur suhu yang rendah seperti di ruangan ber-AC atau di gudang yang ventilasinya minim. Kami juga merekomendasikan menyimpan besi di ruangan yang kadar oksigennya renda untuk menjaga kelembapan suhu udara tinggi. Perlu diingat bahwa tingkat kelembapan yang tinggi dapat memperlambat proses pengkaratan besi.

Pemilihan Besi

Don’ts: Memilih Besi yang Kurang Berkualitas

Salah satu kesalahan umum yang sering dilakukan oleh para pembeli adalah memilih besi yang kualitasnya minim. Besi yang tidak berkualitas SNI tentu lebih mudah berkarat dibandingkan besi yang berkualitas SNI. Walaupun mungkin harganya lebih murah, tetapi kualitasnya juga tentu berbeda. Oleh karena itu, kami sangat merekomendasikan Perkasa Partner untuk memilih besi dengan kualitas SNI, demi kualiitas dan keawetannya.

Do’s: Membeli Besi Berkualitas di Toko yang Terpercaya

Selain memilih besi yang berkualitas SNI, Perkasa Partner juga perlu memilih toko yang tepat dan terpercaya untuk bertransaksi. Jangan sembarang memilih toko hanya karena harganya yang terlihat lebih murah dibandingkan pasar. Sudah banyak korban penipuan toko bahan bangunan di Indonesia, jangan sampai anda menjadi korban selanjutnya. Lakukan transaksi di toko besi yang terpercaya. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan tim sales kami untuk kebutuhan anda terlebih dahulu untuk mendapatkan penawaran harga yang terbaik.

back to top