Galvanisasi: Pengertian, Jenis Metode, Keunggulan

Perkasa Partner pasti sudah tidak asing lagi dengan jenis besi hollow yang disebut dengan “hollow galvanis”. Namun, apa sih sebenarnya arti dari kata “galvanis” itu sendiri? Galvanis merupakan kependekan dari kata “galvanisasi”. Lantas, apakah yang dimaksud dengan galvanisasi? Yuk baca artikel ini untuk mempelajari lebih lanjut mengenai proses galvanisasi!

Pengertian

Kata Galvanisasi berasal dari nama Luigi Galvani dan Alessandro Volta. Keduanya merupakan ilmuwan yang berasal dari Italia, yang berhasil menemukan sifat-sifat elektrokimia seng. Galvanisasi sendiri merupakan pelapisan logam besi atau baja dengan logam jenis lain. Hal ini bertujuan agar logam besi atau baja tersebut menjadi tahan terhadap korosi. Logam pelapis yang biasanya dipilih adalah seng, karena seng memiliki sifat yang tahan terhadap karat.

Jenis-Jenis Metode

Ada 3 jenis metode galvanisasi, yakni:

Hot-Dip Galvanizing (HDG)

Metode yang pertama ini dilakukan dengan cara merendam (galvanizing) logam dasar ke dalam kolam seng. Logam dasar harus dibersihkan terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar ikatan kualitas yang dibuat antara logam dasar dan lapisan seng bisa benar-benar menyatu. Selama tahap perendaman, cairan seng sepenuhnya akan melapisi logam pada permukaan terluarnya. Penggunaan larutan cairan seng untuk melapisi seng minimal 98% murni unsur seng.

Proses galvanizing dilakukan pada suhu tinggi berkisar 440 – 460 derajat celcius yang bertujuan untuk menghilangkannya dari sisa oksida yang bisa saja tersisa walaupun sudah dibersihkan. Perendaman sendiri akan berlangsung sekitar lebih kurang 2 menit.

Selanjutnya akan dilakukan tahap pendinginan (quenching). Logam galvanis tadi kembali direndam tapi ke dalam larutan sodium cromate (konsentrasi 0,015%) dalam suhu ruangan atau menggunakan air. Hal ini bertujuan untuk mencegah karat putih (white rust).

Proses terakhir adalah finishing, yang merupakan proses menghaluskan permukaan pipa logam yang runcing. Runcing terjadi karena mengeringnya cairan seng yang mau menetes pada permukaan pipa logam.

Keunggulan dari metode ini adalah:

  • Harga terjangkau
  • Prosesnya cenderung cepat

Pra-Galvanisasi

Metode kedua ini biasanya diproses pada pabrik baja, dan pada lembaran logam bergulir. Logam yang sudah terbentuk dibersihkan seperti metode galvanis hot-dip. Selanjutnya, logam akan melewati kolam larutan seng cair yang panas dan logam akan ditarik kembali.

Keunggulan dari metode ini adalah:

  • Prosesnya cenderung cepat karena gulungan besar lembaran baja bisa digalvanisasi dengan lapisan yang seragam

Elektro-Galvanisasi

Berbeda dengan 2 metode sebelumnya, metode jenis elektro-galvanisasi menggunakan arus listrik dalam larutan elektrolit untuk mentransfer ion seng ke logam dasar. Pada tahap pertama, akan dilakukan pengurangan ion-ion seng bermuatan positif menjadi logam seng. Selanjutnya, logam seng akan diendapkan pada material bermuatan positif. Metode elektro-galvanisasi juga diterapkan pada gulungan lembaran logam.

Keunggulan dari metode ini adalah :

  • Bahan baku yang dibutuhkan lebih sedikit dibandingkan 2 metode lain
  • Lapisannya terjamin seragam dan rapi
  • Pelapisannya lebih efisien tapi kekuatan anti karatnya lebih kuat
  • Melapisi anti karat lebih banyak dengan waktu lebih singkat
  • Lapisan lebih terang dan lebih bagus

Sumber: Alvindocs

Keunggulan

Namun, mengapa banyak sekali orang yang ingin membeli produk besi yang telah di galvanisasikan? Alasannya adalah karena besi atau baja yang sudah digalvanisasi akan cenderung menjadi lebih awet dan tahan karat, karena besi tersebut telah dilapisi dengan bahan anti karat. Keunggulan ini membuat besi galvanis jadi banyak digunakan dalam dunia konstruksi. Besi jenis galvanis biasa digunakan sebagai bahan untuk membuat pagar. gerbang bangunan, railing balkon, dan masih banyak lagi.

Gimana nih, Perkasa Partner? Setelah mempelejari tentang galvanisasi, apakah Anda jadi tertarik untuk membeli besi galvanis? SMS Perkasa sebagai distributor besi di Surabaya menyediakan 2 jenis produk besi galvanis yakni hollow galvanis dan pipa galvanis. Yuk segera hubungi tim kami untuk mendapatkan penawaran terbaik!

back to top