Macam-macam Ukuran dan Fungsi Besi Hollow

Perkasa Partner pasti sudah tidak asing lagi dengan jenis besi yang dinamakan besi hollow. Namun, kadang mungkin Perkasa Partner masih bingung saat memilih ukuran besi hollow. Ukuran besi hollow yang mana yang paling pas untuk kebutuhan anda? Yuk baca artikel di bawah ini untuk mengetahui ukuran-ukuran ideal besi hollow untuk berbagai kebutuhan!

1. Pagar

Seperti yang sudah Perkasa Partner ketahui, salah satu kegunaan besi hollow yang paling umum adalah sebagai pagar minimalis. Hal ini dikarenakan selain memiliki estetika yang bagus, besi hollow merupakan bahan yang kokoh dan mudah dipasang. Selain itu, berbeda dengan dengan bahan kayu, besi hollow tidak dimakan rayap. Besi hollow juga tidak mudah berkarat dan harganya juga tergolong terjangkau. Dalam pembuatan railing pagar, bahan besi hollow yang diperlukan biasanya adalah yang berukuran 40 x 40 dengan ketebalan 1.6 mm. Jenis besi hollow yang sering digunakan adalah hollow galvanis dan hollow hitam.

2. Pintu

Selain untuk membuat pagar, besi hollow juga memiliki kegunaan sebagai bahan untuk pembuatan pintu. Ada 2 jenis pintu yang sering menggunakan bahan besi hollow, yakni pintu lipat dan pintu teralis. Manfaat dari membuat pintu lipat adalah anda dapat memadukan ruang indoor dan outdoor di rumah anda dengan baik. Sedangkan untuk teralis pintu, fungsi utamanya adalah untuk menjaga keamanan rumah anda. Walaupun kedua jenis pintu teresebut memiliki keunggulan dan fungsi yang berbeda, namun mereka bisa dibangun menggunakan bahan besi yang sama yakni besi hollow. Ukuran besi hollow yang sering digunakan untuk membuat pintu adalah 20 x 20 dengan ketebalan 1.8mm dan jenis besi hollow yang sering digunakan adalah hollow galvanis dan hollow hitam.

3. Tangga

Selain untuk pagar dan pintu, besi hollow juga sering dikenal sebagai bahan untuk membuat pegangan pada tangga. Walaupun akhir-akhir ini memang sudah banyak rumah yang tidak memiliki pegangan pada tangganya demi menciptakan suasana modern, tetapi menurut admin, pegangan pada tangga tetaplah sangat penting untuk mencegah kecelakaan. Terutama bagi Perkasa Partner yang mempunyai anak kecil, memasang pegangan yang kokoh pada tangga merupakan suatu langkah yang bijaksana untuk mencegah adanya orang yang terjatuh dari tangga. Lagian, besi hollow dapat menciptakan kesan minimalis dan modern pada tangga anda sehingga anda tidak perlu ragu tangga anda terlihat kuno. Untuk kebutuhan pegangan tangga serta tiang-tiangnya, besi hollow yang biasanya dipakai adalah yang berukuran 30 x 60 dengan ketebalan 1.2 mm dan jenis besi hollow yang sering digunakan adalah hollow galvanis.

Baca juga: Mengenal Spesifikasi, Jenis, dan Ukuran Besi Hollow

4. Kanopi

Kegunaan besi hollow berikutnya adalah sebagai kanopi rumah atau bangunan. Kanopi merupakan atap yang biasanya dipasang di depan rumah atau bangunan. Kanopi sendiri memiliki peran yang sangat penting, karena dengan adanya kanopi, rumah atau bangunan Perkasa Partner dapat terasa lebih sejuk dan terlindungi dari hujan yang bisa membasahi lantai teras maupun mausk ke ruang berjendela. Selain itu, kanopi juga berfungsi untuk menambah nilai estetika bangunan anda.

Akhir-akhir ini, jenis kanopi yang lagi hits adalah kanopi model minimalis. Hal ini dikarenakan kanopi minimalis dapat menimbulkan kesan modern, rapi, dan mewah kepada bangunan anda. Untuk membuat kanopi minimalis, besi hollow merupakan bahan bangunan yang paling pas dari segi penampilan serta harga. Besi hollow yang umumnya dibutuhkan untuk membuat kanopi adalah yang berukuran 100 x 50, dengan ketebalan 3-4 mm dan jenis besi hollow yang sering digunakan adalah hollow hitam.

5. Plafon

Kegunaan besi hollow yang kelima adalah sebgai plafon. Plafon juga sering disebut sebagai langit-langit. Plafon sendiri merupakan bagian sebuah bangunan yang berada tepat di batas dinding dan atap. Memasang plafon dapat membantu Perkasa Partner menjaga lantai dari kebocoran langsung yang biasanya terjadi karena kerusakan atap. Hal ini sering terjadi saat musim hujan tiba. Air hujan tidak bisa jatuh ke lantai rumah anda dengan adanya plafon. Dengan adanya plafon, Perkasa Partner juga tidak perlu lagi memasang antena di luar. Dengan demikian, anda juga tidak perlu lagi harus khawatir tentang antena televisi anda terkena petir atau roboh karena angin kencang. Untuk pemasagan rangka plafon, bahan besi hollow yang biasanya dipakai adalah yang berukuran 40 x 40 dan jenis besi hollow yang sering digunakan adalah hollow galvalum.

6. Balkon

Yang terakhir tapi tidak kalah pentingnya, besi hollow juga sering digunakan sebagai bahan utama dalam pembuatan balkon pada rumah atau bangunan. Balkon sendiri merupakan semacam teras lantai atas pada bangunan yang bertingkat. Desain untuk pagar rumah dan balkon rumah biasanya dibikin seragam, sehingga jika pagar anda sudah bertema minimalis, biasanya balkon anda juga akan bertema minimalis. Jadi, terutama bagi Perkasa Partner yang ingin memiliki desain rumah minimalis, kami merekomendasikan anda untuk menggunakan besi hollow sebagai bahan untuk pembangunan balkon serta pagar anda. Selain memiliki nilai estetika yang tinggi dan harganya terjangkau, besi hollow juga merupakan besi yang kokoh. Jadi, anda tidak perlu ragu akan terjatuh dari balkon bila anda menggunakan besi hollow sebagai bahan balkon anda. Ukuran besi hollow yang umumnya digunakan untuk pembuatan balkon adalah yang berukuran 40 x 40 dengan ketebalan 1.6 mm dan jenis besi hollow yang sering digunakan adalah hollow galvanis dan hollow hitam.

Bagaimana, Perkasa Partner? Sudah ada bayangan nggak kira-kira mau beli besi hollow yang ukuran berapa? Jika iya, yuk segera hubungi tim sales kami untuk mendapatkan penawaran besi hollow terbaik! Jika tidak, anda juga boleh mengkontak tim kami untuk konsultasi lebih lanjut mengenai kebutuhan anda, kami siap membantu setiap saat!

back to top