Plat Stainless Steel 304 Vs 316, Mana yang Terbaik?

Plat stainless steel

Stainless steel adalah salah satu jenis material konstruksi yang terkenal karena kekuatan, tahan karat, dan tahan lama. Dalam penggunaannya, ada dua jenis plat stainless steel yang sering digunakan dalam proyek konstruksi, yaitu plat stainless steel 304 dan plat stainless steel 316. Namun, manakah di antara keduanya yang lebih berkualitas? Berikut adalah perbandingannya!

Kandungan Molybdenum Plat Stainless Steel

Perbedaan utama antara tipe 304 dan tipe 316 terletak pada kandungan molybdenum yang lebih tinggi. Molybdenum adalah elemen yang memberikan ketahanan terhadap korosi pada stainless steel, sehingga tipe 316 lebih tahan terhadap korosi daripada tipe 304.

Kekuatan dan Kekerasan

Stainless 316 memiliki kekuatan dan kekerasan yang lebih tinggi dibandingkan dengan stainless 304. Hal ini disebabkan oleh kandungan molybdenum yang lebih tinggi pada tipe 316.

Aplikasi

Karena tipe 316 lebih tahan terhadap korosi, bahan ini lebih sering digunakan dalam aplikasi yang membutuhkan ketahanan terhadap lingkungan yang keras, seperti industri maritim atau farmasi. Namun, tipe 304 juga masih cukup tahan terhadap korosi dan lebih sering digunakan dalam aplikasi yang kurang mengalami paparan lingkungan yang keras, seperti proyek konstruksi pada bangunan atau peralatan makan.

Harga Plat Stainless Steel

Plat Stainless Steel
Plat Stainless Steel

Tipe 316 cenderung lebih mahal dibandingkan dengan tipe 304 karena kandungan molybdenum yang lebih tinggi.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa plat stainless steel 316 memiliki keunggulan dalam ketahanan terhadap korosi, kekuatan, dan kekerasan yang lebih tinggi dibandingkan dengan plat stainless steel 304. Oleh karena itu, tipe 316 lebih cocok digunakan dalam aplikasi yang membutuhkan ketahanan terhadap lingkungan yang keras, seperti industri maritim atau farmasi. Namun, jika aplikasi yang dibutuhkan kurang mengalami paparan lingkungan yang keras, maka plat stainless steel 304 yang lebih terjangkau dapat menjadi pilihan yang tepat.

Dalam memilih plat stainless steel untuk proyek konstruksi Anda, pastikan Perkasa Partner juga mempertimbangkan faktor-faktor seperti lingkungan dan kebutuhan kekuatan dan ketahanan terhadap korosi untuk memastikan kualitas dan tahan lama dari konstruksi yang dibangun. Sedang butuh material plat stainless steel? pastikan Anda membelinya hanya di toko besi terpercaya ya! Semoga bermanfaat.

Bagikan sekarang