Pengecoran Beton: Bahan, Proses, dan Manfaat

Perkasa Partner pasti sudah tidak asing lagi dengan produk besi yang dinamakan besi beton. Seperti yang kita ketahui, salah satu fungsi besi beton yang paling umum adalah sebagai bahan untuk pengecoran. Pengecoran beton sendiri adalah proses menuangkan besi beton ke suatu permukaan. Proses ini bisa ditemukan di pembangunan proyek-proyek seperti proyek jembatan maupun jalan tol. Lantas, bagaimanakah proses pengerjaannya? Apa saja manfaatnya? Dan bahan-bahan apa saja yang diperlukan? Yuk, baca artikel di bawah ini untuk mengetahui jawabannya!

Bahan

Berikut merupakan bahan-bahan yang diperlukan untuk membangun proyek pengecoran beton di jalan tol:

GambarNamaKegunaan
Curah BetonBahan baku untuk pengerjaan pengecoran jalan
Besi Polos 32Bahan yang digunakan untuk besi dowel
Besi Ulir 13Bahan yang digunakan untuk besi tie bar
Besi KawatBesi kawat yang digunakan untuk stringline yang fungsinya untuk pengantur sensor mesin paver concrete
List KayuBahan ini berfungsi untuk crack induser
Lantai PlastikBahan ini berfungsi untuk bound breaker atau lantai kerja yang berposisi di atas lean concrete
Sumber: Farhan Maulana, M. (2020)

Proses

Berikut merupakan salah satu contoh proses pengerjaan pengecoran beton di jalan tol:

Persiapan

Tahap persiapan merupakan tahap awal dalam pelaksanaan pengecoran beton. Di tahap ini, orang-orang yang bertanggung jawab dalam proyek ini akan memperisapkan bahan-bahan yang akan digunakan dalam pengecoran jalan. Dalam tahap ini, mesin atau alat yang akan digunakan untuk mengecor juga akan diuji atau dites untuk memastikan bahwa mesin tersebut tidak mengalami hambatan saat mengecor nantinya.  Besi-besi yang akan digunakan juga akan dihitung dan dicek kembali.

Pengecoran

Sesuai dengan namanya, tahap pengecoran merupakan highlight dari proses pengecoran beton. Tahap ini sendiri terdiri dari dua jenis proses pengecoran, yakni proses pengecoran manual dan proses pengecoran menggunakan mesin. Pengecoran manual yang dimaksud di sini adalah pengecoran yang proses nya dilakukan dengan tenaga manusia, sedangkan pengecoran menggunakan mesin adalah pengecoran yang dilakukan oleh mesin paver concrete dan juga dengan bantuan tenaga manusia.

Penyempurnaan

Tahap ini merupakan tahap finishing agar pengecoran beton membuahkan hasil yang sempurna. Dalam tahap ini, detail-detail khusus pada proyek pengecoran akan di kerjakan/ Detail khusus tersebut antara lain adalah mengesatkan permukaan jalan, menjalankan proses grooving, dan juga proses cutting yang bertujuan untuk menyempurnakan keretakan yang diciptakan di antara segmen yang dipakai dalam pengecoran jalan.

Perawatan

Tahap perawatan merupakan proses terakhir yang bertujuan agar jalan yang telah dicor tetap terjaga kualitasnya. Pada tahap perawatan ini pekerjaan yang dilakukan (oleh tenaga manusia) adalah mengoleskan cairan curing coumpound dan menjalankan proses curing dengan menggunakan kain geotek yang sudah dibasahi.

Manfaat

Namun mengapa banyak sekali orang di dunia proyek yang memilih untuk menggunakan besi beton sebagai bahan utama untuk pengecoran jalan? Jawabannya adalah karena bahan besi beton, terutama yang berkualitas SNI, biasanya memiliki sifat tahan terhadap korosi atau pembusukan terhadap lingkungan di sekitarnya. Jadi, walaupun terkena hujan atau panas yang ekstrim, bahan tersebut akan tetap kokoh. Selain itu, besi beton yang berkualitas juga mempunyai sifat yang tahan terhadap api, sehingga tidak mudah terbakar dan cenderung memiliki umur yang panjang. Ini membuat besi beton sangat cocok digunakan sebagai bahan utama dalam pembuatan proyek pengecoran.

Bagaimana, Perkasa Partner? Bagi Anda yang mempunyai rencana untuk membangun proyek pengecoran jalan atau yang membutuhkan besi beton untuk kebutuhan lain, jangan ragu untuk konsultasikan kebutuhan Anda kepada tim sales kami untuk mendapatkan penawaran yang terbaik!

back to top