Mini garden : 6 Tips untuk membuatnya!

Mini garden

Membuat mini garden adalah sebuah cara yang baik untuk menambah penghijauan pada ruang kecil, seperti balkon apartemen atau kusen jendela. Berikut ini adalah 6 tips untuk membuat mini garden yang indah dan subur sekaligus sebagai media refreshing yang menyenangkan dan mudah bagi penghuni rumah!

1. Pilih Wadah yang Tepat

Wadah yang Perkasa Partner pilih sangatlah penting, karena akan menentukan berapa banyak tanah dan air yang dibutuhkan oleh tanaman Anda. Pertimbangkan ukuran dan bentuk ruangan Anda, serta jenis tanaman yang akan Anda tanam. Wadah yang dangkal dengan lubang saluran air sangat ideal untuk tanaman kecil, sementara wadah yang lebih dalam lebih baik untuk tanaman besar atau tanaman yang membutuhkan lebih banyak kelembaban.

2. Gunakan Tanah yang Tepat

Tanah yang Anda gunakan harus memiliki drainase yang baik dan kaya akan nutrisi. Anda dapat menggunakan tanah pot komersial atau dengan mencampur sendiri tanah gambut, vermikulit, dan perlit dengan perbandingan yang sama. Oleh karena itu, Hindari menggunakan tanah kebun, karena mungkin terlalu berat dan tidak mengalir dengan baik di dalam wadah.

3. Pilih Tanaman yang Cocok untuk Mini Garden

Untuk memilih tanaman yang cocok sebaiknya Perkasa Partner juga mempertimbangkan intensitas cahaya matahari yang masuk pada ruangan Anda saat memilih tanaman. Beberapa tanaman, seperti sukulen dan kaktus, memerlukan sedikit air dan dapat tumbuh di tempat yang cerah dan terang. Tanaman lain, seperti pakis dan violet Afrika, lebih suka bayangan dan kelembaban.

4. Beri Air dan Pupuk dengan Rutin

Penting untuk menjaga tanah dalam taman mini Anda tetap rata basah, tapi tidak terlalu basah. Berilah air pada tanaman ketika satu inci diatas tanah kering, dan pastikan air dapat dibuang dengan bebas. Selain itu, berilah pupuk pada tanaman Anda setiap dua minggu dengan pupuk cair yang seimbang untuk memastikan mereka mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan untuk tumbuh.

5. Lakukan Perawatan dan Pemotongan Secara Berkala

Periksa rutin apakah ada hama atau penyakit pada tanaman Anda, dan potonglah daun atau cabang yang mati maupun kering. Ini akan membantu Perkasa Partner dalam menjaga mini garden Anda tetap sehat dan terlihat bagus.

6. Tambahkan Beberapa Aksesori pada Mini Garden

Mini garden dapat terlihat lebih indah dengan menambahkan beberapa aksesori seperti patung kecil, sangkar burung, dan elemen dekoratif lainnya. Ini akan memberikan sentuhan unik dan pribadi pada taman mini Anda. Aksesori pada taman mini yang baik biasanya terbuat dari besi. Kenapa besi kebanyakan dipilih untuk aksesori? Karena besi memiliki banyak kelebihan seperti kuat dan awet sehingga tahan dalam jangka waktu yang lama. Salah satu aksesori yang cocok adalah rak tanaman yang terbuat dari besi hollow seperti gambar berikut ini.

Rak tanaman dari besi hollow untuk mini garden
Rak tanaman dari besi hollow untuk mini garden

Membuat mini garden adalah sebuah kegiatan menyenangkan dan bermanfaat yang dapat menghadirkan sentuhan alam bahkan ke ruang terkecil dalam rumah anda sekalipun. Dengan wadah, tanah, tanaman, dan perawatan yang tepat, mini garden Anda dapat memberikan kesan yang indah dan santai untuk dinikmati. Selamat Mencoba!

Butuh besi hollow untuk membuat aksesoris untuk mini garden Anda? Hubungi Tim Sales Kami sekarang juga karena ada penawaran harga menarik hanya untuk Anda!