Inspirasi Desain Tangga Minimalis dari Besi dan Kayu

Number : desainrumahminimalis

Perkasa Partner yang ingin membangun hunian dua lantai pasti tidak asing lagi dengan elemen tangga di dalam rumah. Tangga yang unik dan cantik dapat memberi nilai lebih pada keindahan dalam rumah berkonsep minimalis sekaligus menambah nilai estetika interior rumah Anda. Berdasarkan dasar bahan bangunannya, terdapat tangga yang terbuat dari batu alam, batu buatan dan beton, dari kayu dan baja. Masih bingung menentukan desain tangga minimalis yang cocok dengan hunian Anda? Yuk, simak artikel berikut ini untuk menambah inspirasi desain tangga minimalis yang sesuai kebutuhan Anda.

Fungsi dan Kegunaan Tangga

Tangga merupakan salah satu bagian yang penting dalam rumah karena merupakan penghubung antar lantai. Bentuk tangga dapat disesuaikan dengan beda tinggi lantai dan ruangan yang tersedia. Tangga juga sebaiknya dibuat indah dan serasi dengan interior ruangan agar dapat menambah suasana harmonis dalam ruangan. Penempatan atau letak tangga harus mudah dilihat dan ditemukan oleh penghuni rumah. Sebisa mungkin tidak berdekatan dengan ruangan lain agar tidak mengganggu aktivitas penghuni lain. Ketika ingin mendesain model tangga, Anda perlu memperhatikan standarisasi serta perhitungan bentuk tangga serta ukuran yang sesuai dengan luas hunian. Hal ini bertujuan untuk memastikan kenyamanan pemakainya ketika naik maupun turun sehingga tidak melelahkan atau membahayakan pemakainya. Normalnya lebar tangga untuk rumah tinggal yaitu 70-90 cm dan lebar anak tangga sekitar 27-30 cm, namun Anda dapat menyesuaikan ukurannya dengan kebutuhan Anda.

Jenis dan Desain Tangga Minimalis

Berkat kemajuan teknologi dalam memproduksi bahan dan alat bangunan serta kreativitas dari ide manusia, saat ini terdapat beragam variasi bentuk tangga yang bisa dijadikan inspirasi bagi Perkasa Partner, ketika memutuskan untuk membuat tangga di rumah. Tahukah Perkasa Partner, ternyata setiap bentuk desain tangga memiliki fungsi dan kegunaannya masing-masing? Berikut ini beberapa bentuk tangga yang sering dijumpai dan digunakan dalam rumah.

1. Desain Tangga Berbentuk U

Umumnya tangga ini digunakan pada hampir seluruh tipe rumah baik yang memiliki luas ruangan yang kecil, sedang hingga besar. Tangga dengan bentuk U memiliki kelebihan yaitu efisien dalam pemanfaatan ruangan yang digunakan dan dapat menjangkau ketinggian bangunan kurang lebih bisa sampai 4 meter. Model tangga seperti dapat diaplikasikan pada sudut ruangan dengan langit-langit yang cukup tinggi dan aman untuk anak-anak. Tipe tangga seperti ini biasanya menggunakan kombinasi material yang beragam. Mulai dari kombinasi kayu dan besi hollow, kayu dan kaca atau full menggunakan besi hollow dan plat bordes, sehingga membuat model tangga bentuk U ini lebih kokoh dan tahan lama.

Baca Juga : Apa itu besi hollow?

2. Desain Tangga Berbentuk Spiral (O)

Tangga berbentuk spiral sering dijumpai di dalam maupun di luar ruangan. Bentuk tangga ini sangat minimalis sehingga lebih hemat ruang, ekonomis dan mudah dalam pemasangan. Tangga ini memiliki nilai estetis yang tinggi jika didesain dengan baik dan menggunakan material yang berkualitas. Seperti pada gambar, tangga spiral biasanya merupakan kombinasi material plat besi bordes atau kayu. Keuntungan menggunakan material ini adalah karena kayu dan harga plat bordes yang tidak begitu mahal dan mudah didapatkan di toko besi terdekat.

3. Tangga Berbentuk Lurus

Tangga lurus merupakan tangga yang bentuknya memanjang dari bawah langsung ke atas dan umumnya menempel ke dinding. Bentuk dan modelnya sederhana sehingga memudahkan dalam proses pembuatannya. Tangga berbentuk lurus dapat digunakan dalam ruangan yang sempit namun hanya bisa menghubungkan lantai dengan jarak yang tidak terlalu tinggi. Material tangga lurus ini biasanya bisa terbuat dari kayu, besi hollow maupun plat bordes. Anda dapat memaksimalkan pembuatan tangga ini dengan menambahkan desain yang unik serta menarik.

Hal-hal yang harus diperhatikan ketika membangun tangga minimalis di dalam rumah

Kualitas tangga yang akan dibuat bergantung pada desain, material yang digunakan serta pemahaman yang baik tentang standarisasi pembuatannya. Berikut ini merupakan hal-hal penting yang perlu Perkasa Partner perhatikan sebelum membangun tangga minimalis di dalam rumah.

  1. Pastikan material yang digunakan kokoh, awet dan dapat bertahan dalam waktu yang lama
  2. Memiliki tingkat keamanan yang tinggi dan berkualitas dari segi material
  3. Tangga memiliki kemiringan kurang dari 45 derajat agar tidak terlalu landai sehingga memudahkan penggunanya
  4. Memiliki nilai estetika
  5. Letak tangga harus mudah dijangkau oleh penghuni rumah
  6. Lebar tangga harus sesuai dengan fungsi tangga dan lebarnya ditentukan dari jarak tepi sandaran dalam

Dimanakah Anda bisa mendapatkan bahan-bahan untuk membuat tangga minimalis?

Jika Perkasa Partner tertarik untuk membangun tangga dari bahan besi yang kuat dan unik seperti rekomendasi di atas, maka Anda bisa mendapatkan material seperti Besi Hollow dan Plat Bordes di SMS Perkasa. SMS Perkasa adalah distributor besi baja, aneka logam, dan perlengkapan industri. Kami menyediakan kebutuhan besi baja berstandar SNI dengan harga kompetitif.

back to top