Harga Flat Product Masih Terus Bergerak Naik

Harga Plat Besi Maret 2019

Masih ingatkah Anda soal penundaan rencana kenaikan tarif AS terhadap komoditas impor Cina di bulan Desember tahun lalu? Jika pada saat itu keadaan antara AS-Cina membaik karena kedua belah pihak menyetujui penundaan rencana kenaikan tarif AS, maka kali ini ada kemungkinan penundaan akan berlangsung lebih lama. Atau mungkin lebih baik lagi, tanpa batas waktu.

Seperti yang pernah dibahas sebelumnya, kenaikan tarif AS terhadap impor Cina dari 10% menjadi 25% yang seharusnya diberlakukan tanggal 1 Januari, disepakati ditunda hingga tanggal 1 Maret 2019. Namun pertemuan-pertemuan yang dilangsungkan selama bulan Februari kemarin, sepertinya menghasilkan keputusan yang lebih baik bagi kedua pihak. Banyak pihak masih mengharapkan keberlangsungan forum-forum lainnya di bulan Maret ini untuk mengetahui bagaimana nasib kerjasama dagang antara AS-Cina.

Harga Plat Besi Maret 2019

Meski begitu, kenaikan harga flat produk memang tidak bisa dihindari. Harga-harga ini terus bergerak naik dari akhir Februari lalu. Hot-rolled coil sebagai contoh, naik sebesar RMB60/toh atau setara dengan $USD10/ton. Kini, harga HRC Cina berada di kisaran harga RMB3.835/ton atau sekitar $USD570/ton dengan jumlah kenaikan rata-rata lebih dari $USD5/ton dari minggu ke minggu.

Hal yang sama terjadi di Amerika Serikat, kenaikan harga mengakibatkan bangkitnya harga besi baja yang sempat terpuruk di awal tahun. Harga HRC domestik kini tercatat sekitar $USD775/ton, naik sekitar $USD35-40/ton dari harga terendah di awal Februari. Pricing rebound ini terjadi karena daya saing bahan impor telah berkurang. Diprediksikan, kenaikan harga-harga ini juga belaku di kawasan lain terutama di seluruh Asia dan Amerika Serikat. Sedangkan di Eropa, produsen-produsen besi sedang membuat siasat untuk mengendalikan jumlah stok yang melimpah dan permintaan yang cenderung lemah.

Terus ikuti perkembangan analisa pasar besi baja untuk mengetahui harga paling update dari produk besi baja di blog SMS Perkasa. Kami memberikan analisa pasa besi baja secara berkala dan terkini. Nah, Anda masih belum yakin dengan harga yang ada dipasaran saat ini? Hubungi sales kami untuk tau harga berbagai jenis besi baja dengan ukuran terlengkap!

Bagikan sekarang