Harga Besi Beton US Tetap Kendati Volume Impor Tinggi

United State

Tarif bea cukai impor telah sukses menekan impor besi beton pada Juni dengan kisaran lebih rendah 25% dari tarif dengan baja Eropa. Sedangkan besi beton US pada pasar domestik cenderung dengan harga yang tetap di $783 per ton sejak April.

Volume Import Besi Beton US Meningkat

Produsen dari besi beton di US, yang bertentangan dengan para produsen plat besi, menghindari untuk menaikan harga setelah tarif impor 232 diperkenalkan. Hal ini dilakukan dalam upaya untuk mengurangi daya saing impor.

US mengimpor sekitar 43.462 ton besi beton pada bulan Juni. Menurut ISSB (International Steel Statistics Bureau) ada penurunan sekitar 75,8% tahun ke tahun dari 179.888 ton setahun sebelumnya. Volume tersebut berkurang sebesar 62,9% bulan ke bulan dari Italia dan sebesar 90,9% dari Spanyol. Namun, data lisensi menunjukkan bahwa pembeli US dapat mengatasi ketidakpastian pasca tarif impor baru diberlakukan. Mereka membeli dengan volume lebih tinggi dari Italia dan Spanyol sejak bulan Juli, bahkan ketika perbedaan antara kedua pasar tesebut sedikit.

Besi beton Eropa cenderung lebih mahal pada beberapa pekan terakhir, akibat dari reli aturan dan pengenaan pada pengamanan. Sekitar Agustus pertengahan ini, besi beton asal Eropa Selatan dengan basis freight on board adalah sekitar $50 per ton lebih murah daripada besi beton ada domestik US, yang merupakan potongan harga sekitar $13 per ton setelah ditambahkan biaya pengiriman.

Harga Besi Beton Turki Lebih Mahal dari US

US telah secara aktif menetapkan harga besi beton setelah Turki melipatgandakan tarif impor dan ekspor baja negara itu menjadi 50%. Tarif ini diatas 7% kebijakan anti-dumping yang ada.

Dalam pekan terakhir, sebelum pengadaan tarif tersebut, material dari Turki pada basis fob (termasuk pajak) diperdagangkan pada kisaran $73 per ton dibawah harga besi beton bekas dari US. Namun dengan pajak dan tarif baru, besi beton Turki menjadi $60 per ton lebih mahal dari besi beton US.

Meskipun masalah kurs mata uang telah mengalahkan harga long product dari Turki pekan lalu, kesenjangan dalam penawaran Turki terhadap harga premium yaitu kisaran $15 per ton dibanding tingkat domestik US.  Menambahkan biaya pengiriman, ini berarti bahwa besi beton asal Turki akan dihargai $828 per ton.

Besi Beton Rusia Mulai Dilirik

Harga besi beton Rusia terlihat menarik, namun masalah logistik menghalangi pembeli US. Sementara harga Eropa dan Turki telah menjadi jauh dan kurang kompetitif bagi para pembeli US. Besi beton Rusia tidak dikenakan aturan dan kewajiban yang ditetapkan US selain tambahan sebesar 25%. Sementara itu,  bahan di Ukraina memiliki bea impor sebesar 14,69%. Harga besi beton CIS, termasuk tarif bea cukai sebesar 25% adalah pada kisaran $669 fob per ton pada pekan lalu. Harga ini lebih murah $114 per ton dibandingkan harga lokal US.

*Dumping adalah politik dagang yang menetapkan harga jual di luar negeri lebih rendah dari harga normal. Tujuan dumping adalah untuk meningkatkan pangsa pasar di luar negeri dengan mematikan persaingan.