Cara Agar Millenial Bisa Punya Rumah Sendiri, Ikuti Tips Ini!

Cara Agar Millenial Bisa Punya Rumah Sendiri!

Hai Perkasa Partners! Pernah dengar dengan istilah generasi millenial? Jika perkasa partner lahir setelah tahun 1980 hingga tahun 1994, maka bisa dipastikan kamu adalah generasi milenial atau juga bisa disebut sebagai gen Y. Carrasco Gallego menyebutkan bahwa generasi milenial ini dikenal memiliki karakteristik yang sangat dekat dengan teknologi informasi maupun internet sehingga dapat dikatakan mereka memiliki kecerdasan dalam menggunakan teknologi baru.

Setiap generasi memiliki karakteristik gaya hidup yang berbeda-beda. Milenial saat ini terlalu mengikuti gaya hidup kekinian, dan lebih mementingkan keinginan daripada memenuhi kebutuhan hidup utamanya. Karena itu tidak sedikit milenial yang terbelit masalah keuangan. Dari banyaknya generasi milenial, sangat sedikit yang mengerti prinsip keuangan. Sehingga kerap dianggap memiliki gaya hidup yang boros dan kurang maksimal dalam merencanakan masa depannya, termasuk rencana untuk memiliki rumah sendiri. Seharusnya memiliki rumah sendiri adalah prioritas utama bagi millennial saat ini. 

Walaupun memang tidak mudah tapi bukan berarti tidak mungkin untuk memiliki rumah sendiri. Sangat memungkinkan untuk memiliki rumah sendiri meskipun tidak memiliki gaji yang tinggi, asalkan dapat mengelola segala kebutuhan secara cepat dan tepat. Penasaran bagaimana caranya? Yuk simak tips-tips berikut:

1. Menabung

Menabung sangat diperlukan. Karena nilai uang muka atau DP yang cukup besar, sering kali menjadi penghambat untuk mengikuti program KPR. Sangat disarankan untuk memisahkan rekening bank untuk keperluan sehari-hari dan rekening bank untuk tabungan. Saat ini sudah banyak bank digital yang dapat digunakan untuk lebih fokus menabung.

Perkasa Partner bisa menabung di bank ataupun di perusahaan-perusahaan sekuritas yang sudah berstatus legal agar keamanannya lebih terjamin. Alangkah lebih baik lagi jika kita menabung di tempat atau platform yang sudah memiliki izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) seperti dibawah ini.

Rekening Tabungan

Saat ini sudah tersedia banyak sekali platform yang membuat kita bisa mengakses rekening tabungan dari mana saja, mulai dari mobile banking sampai bank digital. Ini merupakan salah satu cara menyimpan uang agar tetap aman. 

Reksa Dana

Reksa dana merupakan pilihan tempat menabung yang aman, sekaligus dapat menjadi sarana investasi yang menjanjikan di masa depan. Reksa dana sering menjadi pilihan sebagai tempat menabung yang aman karena tidak perlu modal besar untuk menaruh uang di tempat ini dan potensi keuntungannya juga cukup menjanjikan.

2. Hunting Rumah di Banyak Lokasi

Pastikan untuk melakukan hunting rumah di banyak tempat agar nantinya dapat membandingkan rumah mana yang akhirnya cocok dan sesuai dengan budget. Tidak harus rumah baru, rumah bekas pun bisa asalkan kondisinya masih bagus. Jangan lupa untuk selalu mengecek kelengkapan administrasi kepemilikan rumah agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan di kemudian hari.

3. Memanfaatkan KPR

Jika sudah menentukan rumah yang diinginkan, jangan ragu untuk memanfaatkan program KPR. Program KPR tidak hanya untuk rumah baru, rumah bekas pun dapat menggunakan program KPR. Saat mengajukan KPR, jangan lupa untuk mempertimbangkan jangka waktu cicilan atau tenornya. 

Pendapatan milenial yang terbatas membuat milenial hanya dapat melakukan cicilan rumah dalam jumlah yang kecil. Maka dari itu, solusi yang tepat untuk milenial adalah mengambil tenor KPR yang cukup panjang agar cicilan perbulannya rendah.

4. Bangun Rumah Sendiri

Opsi ini dapat dilakukan jika memang berkeinginan untuk membuat rumah sendiri dari awal. Jika perkasa partner ingin membuat rumah dari awal, maka harus terlebih dahulu melakukan perhitungan budget karena banyak yang harus dibeli dan dipersiapkan, mulai dari bahan bangunan seperti besi, tukang, atau arsitek jika ingin menggunakan jasa arsitek. 

Kelebihan membangun rumah sendiri dari awal adalah Perkasa Partner  dapat menentukan sendiri desain bangunan, bentuk ruangan maupun dekorasi. Selain itu, Interior ruangan juga bisa disesuaikan dengan keinginan Perkasa Partner dari berbagai macam perabotan seperti lampu gantung aesthetic dari besi hollow, tangga minimalis, maupun dapur kekinian.

Jadi apakah Perkasa partner tertarik untuk membangun rumah sendiri? 

Jika membutuhkan bahan bangunan seperti besi beton, besi hollow, wiremesh dan produk besi lainnya jangan ragu untuk menghubungi tim sales kami ya!

Jangan lupa kunjungi produk kami lainnya atau temukan inspirasi bangunan lainnya disini.