Yuk Kenali Tentang Personality Plus: 4 Tipe Kepribadian Manusia

team smsperkasa disajikan dalam polaroid

Tahukah kamu, bahwa terdapat tipe-tipe kepribadian dalam lingkungan harian kita. Bahwa kepribadian dapat digolongkan berdasarkan karakter-karakter dalam situasi sosial.  Lebih lanjut, kemampuan untuk mengubah dan membentuk kepribadian dalam berbisnis, maupun menjalin komunikasi romantis. Setiap tipe kepribadian memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Keduanya memberikan kemanusiaan dengan mentalitas bertahan hidup yang kuat. Selain itu, mengetahui tipe-tipe kepribadian ini dapat sangat membantu dalam dunia bisnis. Yuk kita telisik lebih jauh tiap tipe kepribadian ini!

MELANKOLIS – Si Sempurna

Si melankolis merupakan orang yang memiliki tipe kepribadian yang khas seperti mudah kecewa, daya juang kecil, muram, pesimistis, penakut, dan kaku. Simak kelebihan dan kekurangannya, Yuk!

Sisi kelebihan dari Si Sempurna

Melankolis, merupakan orang yang pemikir, sensitif, romantis, dan teratur. Si melankolis mempunyai rasa empati yang tinggi. Tidak jarang kalau ada teman yang ada masalah dialah orang pertama yang merasakanya bahkan menjadi pendengar yang baik selain berempati. Si Melankolis juga romantis banget lho! Jago bikin puisi. Orang bertipe ini cenderung mempunyai rasa seni yang tinggi, suka akan gambar, grafik, cukup berbakat menjadi seorang seniman entah musik atau pelukis. Mereka juga terkadang suka sekali namanya berkorban, bahkan mengorbankan diri mereka sendiri demi orang lain, tidak suka menonjolkan diri a.k.a low profile, lebih memilih bekerja dibalik layar, sepertinya nggak mau terkenal.

Sisi kekurangan dari Si Sempurna

Walau banyak sisi baik dari melankolis, tapi tipe melankolis juga punya banyak kelemahan, karena tipe ini orangnya super sensitif, suka sama yang namanya menyendiri, kadang juga terjebak di masa lalu dengan ratusan kisah sedih sambil meratapi nasib dan suka membesar besarkan masalah. Melankolis umumnya tertutup, kalau ada masalah biasanya diumpetin, kalaupun di-share, hanya dengan orang yang paling dipercaya mungkin keluarga ataupun teman. Mereka juga kadang suka meremehkan diri mereka sendiri, padahal apa yang dikerjakannya mungkin lebih bagus dengan orang lain, melankolis juga takut akan kegagalan intinya pikirannya cepat negatif dan mudah untuk merasa nggak ada motivasi. Satu lagi, mereka juga idealis, kalau ngerasa sesuatu gak sesuai kehendaknya mereka kadang suka ngedumel.

PLEGMATIS – Si Pecinta damai

Sisi kelebihan dari Si Pecinta Damai

Orang plegmatis adalah orang yang memiliki tipe kepribadian yang khas seperti tidak suka terburu-buru, tenang, tidak mudah dipengaruhi, setia, dingin, santai dan sabar. Kaum plegmatis ini umumnya menghindari konflik a.k.a netral, bagi mereka perdamaian adalah yang paling penting. Mereka juga baik hati, pribadinya tenang rendah hati dan juga penyabar, terlihat kalem. Banyak dari tipe Plegmatis mempunyai daya humor yang tinggi, menyenangkan untuk diajak bergaul. Si plegmatis ini cenderung tipe pendengar

Sisi kekurangan dari Si Pecinta Damai

Biasanya nih orang plegmatis ini orangnya simple, nggak mau melibatkan diri dalam konflik sekalipun konflik dalam dirinya sendiri. Dengan kata lain yg mudahnya aja deh, kalau ada yang mudah ngapain dipersulit, kalau disuruh mengambil keputusan sering kali melakukan penundaan. Jadi punya temen plegmatis kayak gini keknya  dicambukin dulu biar jalan,  apalagi sifat nggak bersemangat dan malesnya juga nggak ketulungan. Selain males, suka menunda nunda dan ambil enaknya ternyata mereka juga kikir, sedikit egois dan penakut.

SANGUIN – Si Superstar

Sisi kelebihan dari Si Superstar

Orang sanguinis adalah orang yang memiliki tipe kepribadian yang khas seperti hidup mudah berganti haluan, ramah, mudah bergaul, lincah, periang, mudah senyum, dan tidak mudah putus asa. Selalu periang dan penuh pengharapan, menganggap segala sesuatu yang dihadapi amat penting, tapi segera dapat melupakannya sama sekali sesaat kemudian. Ia ingin menepati janji-janjinya tapi gagal melaksanakan keinginannya itu sebab ia tidak cukup berminat untuk menolong orang lain. Ia adalah seorang penghutang yang jelek yang terus menerus minta waktu untuk membayar. Ia amat luwes, pandai bergaul, periang.

Namun, ternyata orang sanguis terkenal dengan banyak omongnya, dan memiliki kemampuan komunikasi yang baik serta mengusasai pembicaraan. Sanguis memiliki hasrat untuk bersenang senang yang tinggi, mereka suka akan ketenaran, perhatian, kasih sayang, dan dukungan dari orang lain. Tipe sanguis juga memiliki rasa optimistis yang tinggi, humoris dan mudah bergaul. Emosi mereka juga seperti Plegmatis yaitu cepat berubah, sesaat mereka bisa terlihat bahagia namun beberapa saat kemudian menangis bombay. Mereka juga senang mengutarakan joke sehingga membuat orang orang disekitarnya senang.

Sisi kekurangan dari Si Superstar

Negatifnya, orang tipe sanguis umumnya berfikiran pendek, sulit berkonsentrasi dan tidak teratur. mereka dapat stres jika terjebak dalam situasi yang mana hidupnya terasa tidak menyenangkan karna orang sanguis takut untuk tidak populer. Beberapa hal lainnya yang bisa jadi kekurangan Si Superstar, adalah sebagai berikut:

  • Membesar-besarkan suatu hal / kejadian
  • Susah untuk diam, mudah bosan, dan mudah berubah-ubah
  • Dalam bekerja lebih suka bicara dan melupakan kewajiban (awalnya saja antusias)
  • Susah datang tepat waktu jam kantor
  • Prioritas kegiatan kacau
  • Mendominasi percakapan, suka menyela dan susah mendengarkan dengan tuntas
  • Egoistis
  • Sering berdalih dan mengulangi cerita-cerita yg sama
  • Konsentrasi ke “How to spend money” daripada “How to earn/save money

KORELIS – Si Kuat

Orang koleris adalah orang yang memiliki tipe kepribadian yang khas seperti hidup penuh semangat, keras, hatinya mudah terbakar, daya juang besar, optimistis, garang, mudah marah, pengatur, penguasa, pendendam, dan serius. Berkepala panas, mudah sekali dibangkitkan gairahnya, tapi mudah pula jadi tenang jika lawan yang dihadapinya mengaku kalah. Ia orang yang sibuk tapi tidak menyukai berada tepat di tengah-tengah kesibukan usaha sebab ia orang yang tidak tabah. Ia memilih untuk memberikan perintah-perintah tapi tidak mau diganggu dengan pelaksanaan dari perintah-perintah yang diberikannya itu.

Sisi kelebihan dari Si Kuat

Orang tipe ini biasanya suka mengatur dan memerintah orang, dia nggak mau ada orang yang berdiam diri saja sementara dia sibuk kerja/beraktivitas. Ia menyukai jika dipuji di depan umum. Ia menyukai penampilan, kemegahan dan formalitas, ia penuh dengan kebanggaan dan cinta diri sendiri. Ia kikir, sopan tetapi dengan caranya sendiri. Ia sakit hati luar biasa jika orang lain menolak untuk ikut kepemimpinannya. Orang korelis suka akan tantangan, dan mereka juga tegas. tak heran banyak dari usahanya yang sukses karna memang sifatnya yang juga pantang menyerah dan jarang mengalah.

Sisi kekurangan dari Si Kuat

Sisi negatifnya, mereka orang yang tidak sabaran, segalanya harus cepat karna memang sifat keproduktivitasnya yang tinggi. Mereka juga gampang sekali marah, dan suka berprilaku kasar. Jadi, kalau nemu temen kerjanya uring uringan, suka berkata kasar dan gampang marah, dialah Koleris. Mereka juga suka akan kontoversi dan pertengkaran, bertolak belakang dengan dengan plegmatis yang cinta damai. Sifat mereka juga kurang bersimpatik dengan sesama suka memanipulasi orang lain dan memperalat orang lain dan juga kalau salah, susah banget meminta maaf. Orang koleris sedikit mirip dengan sanguis mereka gampang bergaul dan optimistis. mereka juga bisa berkomunikasi dengn baik dan terbuka dengan orang lain, hmm tipe orang seperti ini cocok sebagai pemimpin.

Nah, gimana? Sudah lebih kenal kan? Anda termasuk tipe yang mana?

Materi ini dibawakan oleh Human Capital Departemen dari SMS Perkasa saat Kaizen Day lho! Semoga ulasan diatas dapat Anda pahami untuk lebih mengenal diri dan maupun orang-orang disekitar. Semoga Bermanfaat!

Bagikan sekarang