Blog  /  Yuk Intip! 5 Hal Menarik tentang Lingkungan Kerja di SMS Perkasa

Yuk Intip! 5 Hal Menarik tentang Lingkungan Kerja di SMS Perkasa

Lingkungan Kerja di SMS Perkasa

Hai Perkasa Partners! Salah satu faktor yang membuat seseorang merasa nyaman dengan tempat kerjanya adalah lingkungan kerja. Selain membuat nyaman, lingkungan kerja juga bisa menjadi pertimbangan besar seseorang untuk bertahan atau pergi dari satu tempat kerja. Beberapa orang dengan gaji tinggi kesulitan untuk bertahan jika lingkungan kerjanya tidak mendukungnya untuk bekerja secara efektif, tidak memberi kesempatan berkembang, atau membuat merasa tidak dihargai. Sehingga, intensi untuk melakukan turnover akan lebih tinggi. Dan sebaliknya, ada berbagai cerita orang yang memiliki gaji biasa saja memiliki loyalitas tinggi dengan tempat kerjanya karena merasa nyaman dan sulit menemukan lingkungan yang serupa jika pindah ke tempat lain.

Lingkungan kerja meliputi lingkungan fisik dan juga lingkungan sosial. Lingkungan fisik bisa meliputi lokasi, properti, penataan ruangan, dan jarak antar karyawan. Sedangkan lingkungan sosial bisa meliputi budaya kerja, interaksi antar karyawan, kondusivitas kerja, dan gaya kepemimpinan atasan.

Lingkungan fisik yang bermasalah seperti ruangan yang kurang kondusif, seperti space kerja yang sempit, tempat duduk tidak nyaman, lampu remang, ruangan panas, tidak ada tempat untuk beribadah, teknologi terbatas, dan penataan kacau, mungkin membuat kita tidak bisa memiliki semangat kerja yang tinggi karena terganggu dengan situasi fisik ini. Begitupun dengan lingkungan sosial. Jika antar karyawan sulit berkomunikasi, budaya kerja tidak mendukung diri, suasana karyawan gaduh, tidak memberi kesempatan untuk izin kerja, supervisor atau pimpinan otoriter dan tidak memberi kebebasan sama sekali, maka, bisa jadi kinerja kita juga terganggu, produktivitas kerja kita rendah, dan intensi kita untuk keluar dari pekerjaan tersebut pun tinggi.

Bagaimana lingkungan kerja di SMS Perkasa? Nah, berikut adalah 5 hal yang tampak di lingkungan kerja (fisik dan sosial) SMS Perkasa! Apakah sama dengan yang ada di tempat kerjamu? Check this out!

1. Penataan ruangan SMS Perkasa memudahkan bersosialisasi dan berkoordinasi dengan rekan kerja

SMS Perkasa memiliki lingkungan yang supportif untuk bekerja dan bersosialisasi lho! Supportif untuk bekerja karena setiap karyawan memiliki meja dan komputernya masing-masing, fasilitas kantor tersedia untuk setiap keperluan kerja, ruangan nyaman dan tidak gerah, serta pencahayaan cukup. Supportif untuk bersosialisasi karena saat tengok kanan ada rekan kerja, tengok belakang ada rekan kerja. Jadi, untuk berkordinasi, sekedar ngobrol ringan, atau berbagi musik bersama bukanlah hal yang sulit dilakukan. Untuk berkomunikasi antar departemen juga bisa menggunakan telpon per line, sehingga jika memerlukan koordinasi singkat tidak harus berdiri dari kursi dan menghampiri rekan kerja lainnya. Hal ini membuat kerja lebih efektif dan efisien, karena kita tidak memerlukan waktu untuk sekedar berdiri dan menghampiri atau mengganggu fokus pekerjaan. Tapi, kemudahan bersosialisasi ini tidak lantas menjadi kesempatan untuk gosip bebas saat jam kerja lho ya! Setiap karyawan memiliki tanggung jawab sendiri untuk menyelesaikan pekerjaannya tepat waktu dan bekerja profesional

2.Budaya perusahaan SMS Perkasa dinamis dan kooperatif

Seperti artikel sebelumnya tentang “Shaping The Future with Steel”, telah dibahas bahwa usia karyawan yang ada di SMS Perkasa masih muda. Sehingga, budaya yang dibawa pun budaya yang dinamis, seperti fleksibel, mendukung adanya pengembangan diri pada karyawan, pembelajar, dan aktif. Interaksi antar karyawannya pun santai, sehingga, jika ada yang memerlukan bantuan atau tidak memahami sesuatu, karyawan tersebut bisa bertanya kepada rekan kerjanya dengan mudah.

Selain itu, sebagai karyawan yang memiliki peran di keluarga, karyawan memiliki hak untuk menggunakan cuti nya agar bisa mengurus urusan di luar pekerjaannya. Tentu saja izin untuk tidak masuk harus mendapatkan persetujuan dari Managing Director, namun, jika alasan yang disampaikan untuk absen tersebut memang mendesak, karyawan diperbolehkan absen dengan catatan harus menyelesaikan tanggung jawabnya sebelum absen. Setiap karyawan sepakat dengan aturan ini.

3. Toleransi, dan aspek penilaian di SMS Perkasa berdasarkan kinerja

Jika ada pernyataan “Kalau kamu anak atau kerabat Raja, maka, hidupmu lebih istimewa”, Entitlement! Hal itu tidak berlaku lho di SMS Perkasa. Tidak ada perlakuan spesial untuk golongan tertentu, karena setiap karyawan dinilai berdasarkan kinerjanya. Kinerja akan menentukan gaji dan kenaikan jabatan yang akan diterima tiap anggota tim SMS Perkasa.

4. Pemimpin SMS Perkasa berkarisma

Kepemimpinan juga menjadi salah satu faktor lingkungan sosial yang turut memengaruhi kinerja karyawannya. Supervisor dan pimpinan yang terlalu otoriter tidak memberi kesempatan kepada karyawan untuk bekerja dengan caranya akan membuat karyawan merasa terkekang. Di SMS Perkasa, pemimpin akan membebaskan karyawannya untuk bekerja dengan cara masing-masing. Pemimpin hanya melakukan supervisi, mengarahkan, dan memotivasi agar setiap karyawan bisa bekerja maksimal mencapai target masing-masing. Ingat! Tugas itu bisa didelegasikan, tapi… tanggung jawab tidak! Sepakat kan?

5. SMS Perkasa melibatkan karyawan untuk perencanaan perusahaan

Banyak perusahaan yang merencanakan pengembangan hanya berdasarkan opini dan pemikiran pimpinannya. Kadang kala, pimpinan perusahaan pun bisa bertindak tidak profesional dan merugikan perusahaan dan karyawan. Namun, di SMS Perkasa, pimpinan selalu melibatkan setiap karyawan untuk membahas perencanaan pengembangan perusahaan. Empowerment! Tiap anggota akan bergerak seiring dengan visi dan misi perusahaan. Sehingga, point of view yang terkumpul untuk menyusun rencana strategis pun berasal dari dua pihak, pimpinan dan karyawan. Itulah mengapa, SMS Perkasa berkembang pesat dan masif bersama karyawannya.

Gimana Perkasa Partners?! Begitulah sekilas gambaran dari keseruan lingkungan kerja di SMS Perkasa.  Yuk, kita semua bekerja sama dan terus menerus berkarya memberi sumbangsih lebih bagi bangsa Indonesia!

Semangat!

Buat kalian yang ingin terus mendapat informasi berita terkini terkait besi dari SMS Perkasa, kalian dapat masukkan alamat email dan subscribe Newsletter kami di samping kanan, atau kunjungi official site kami di www.smsperkasa.com.

Cheers!

back to top