Tips Membuat Konstruksi Bangunan yang Kuat dan Kokoh!

konstruksi bangunan yang kuat dan kokoh

Konstruksi adalah suatu kegiatan pembangunan sarana maupun prasarana yang meliputi pembangunan, pemeliharaan, dan perbaikan. Untuk keberhasilan pembangunan sebuah konstruksi, perencanaan merupakan hal yang paling penting diperhatikan karena hal ini terkait dengan konsep desain dan perencanaannya yang juga mempertimbangkan dampak pada lingkungan. 

Semua orang pasti menginginkan konstruksi bangunan yang mereka buat itu kuat dan kokoh. Akan tetapi, tidak jarang juga kita menemui konstruksi bangunan yang mendadak roboh secara tiba-tiba. Hal seperti ini terjadi dikarenakan ada banyak faktor yang mempengaruhi konstruksi bangunan tersebut. Nah, tentunya Perkasa Partner tidak mau kan konstruksi bangunan yang anda buat runtuh? Yuk simak informasi dibawah ini agar Anda dapat menghindari kejadian seperti ini!

Penyebab Konstruksi Bangunan Bisa Roboh

Secara umum faktor penyebab konstruksi bangunan bisa roboh ada dua, yaitu penyebab internal yang disebabkan oleh konstruksi bangunan itu sendiri dan faktor eksternal seperti bencana alam. Untuk faktor eksternal seperti bencana alam seharusnya bisa diantisipasi ketahanannya, salah satunya dengan membuat bangunan anti gempa maupun banjir. 

Baca selengkapnya disini: Konstruksi Bangunan Tahan Banjir yang Wajib Anda Ketahui!

Sedangkan untuk faktor internal yang membuat konstruksi bangunan anda bisa roboh adalah sebagai berikut: 

Pondasi Bangunan yang Tidak Kuat

Pondasi bangunan

Untuk membuat sebuah konstruksi banguan, salah satu hal yang paling penting dan mendasar sehingga perlu diperhatikan adalah pondasi bangunan itu sendiri. Pondasi adalah struktur bangunan paling bawah yang berfungsi menyalurkan beban dari struktur diatasnya ke lapisan tanah pendukung atau batuan yang berada di bawahnya. Perencanaan yang tepat harus anda miliki, jika ingin membuat pondasi bangunan yang kuat. 

Tanpa adanya pondasi yang kuat maka pondasi tidak mampu untuk menahan beban bangunan diatasnya dan bisa mengakibatkan bangunan turun. Resiko yang lebih tinggi jika pondasi tidak kuat adalah bangunan mengalami retak struktur dan tentunya akan membahayakan bagi penghuninya. Agar hal itu tidak terjadi, maka yang harus kita perhatikan adalah kedalaman galian pondasi yang cukup memadai, pastikan daya dukung tanah agar bangunan dapat stabil dan tahan goncangan. Selain itu, pilihlah jenis pondasi yang tepat untuk bangunan anda.  

Bahan Bangunan yang Tidak Berkualitas

Besi beton berkarat

Kebanyakan dari kita sering tergiur dengan penawaran harga yang murah. Padahal yang murah belum tentu baik loh Perkasa Partner! Jadi anda harus berhati-hati dalam memilih bahan bangunan untuk kebutuhan konstruksi rumah anda. Dengan memakai bahan bangunan yang berkualitas tentunya akan berdampak langsung terhadap kekuatan konstruksi yang anda bangun. Misalnya pada saat pemilihan besi beton, sebaiknya anda memilih besi beton SNI jangan yang banci. Karena besi beton banci yang beredar di pasaran biasanya mengurangi ukuran diameternya dengan cukup signifikan, sekitar ±0.8 mm. Selisih ini sesungguhnya sangat berpengaruh pada kualitas bangunan dan keamanannya. Nah, Besi beton banci ini adalah besi beton yang memiliki ukuran, spesifikasi, dan kualitas yang tidak sesuai dengan kriteria SNI. 

Kesalahan Pada Saat Perencanaannya

Perencanaan pembangunan

Kesalahan yang bersifat human error seharusnya tidak terjadi dalam pembangunan. Kesalahan ini umumnya disebabkan karena kurangnya pengalaman dan pengetahuan. Hal ini bisa diatasi dengan sistem pengawasan berlapis untuk meminimalisir kesalahan yang terjadi akibat human error. Jadi, kesalahan ini umumnya disebabkan karena mempekerjakan pekerja yang tidak terampil dan tidak berpengalaman. Alih-alih menghemat anggaran, anda malah mengeluarkan budget yang lebih karena konstruksi yang anda bangun hasilnya tidak sesuai. 

Tahap-Tahap Membangun Konstruksi Bangunan

Secara garis besar, terdapat empat tahapan dalam membuat sebuah konstruksi bangunan. Mulai dari tahap perencanaan, perancangan, pengadaan, dan tahap pelaksanaan. Berikut ini adalah penjelasan dari keempat tahapan tersebut: 

  1. Tahap perencanaan adalah penetapan garis-garis besar rencana konstruksi dilaksanakan. Pada tahap ini biasanya dilakukan briefing studi kelayakan proyek, pemilihan desain, hingga program budgeting.
  2. Tahap perancangan dilakukan dalam 3 periode. Yaitu periode pra-rancangan, periode pengembangan  rancangan, dan periode desain akhir.
  3. Tahap pengadaan adalah tahapan untuk pengadaan konsultan, kontraktor, maupun pengadaan material bangunan seperti material besi dan baja.
  4. Tahap pelaksanaan adalah pelaksanaan pembangunan konstruksi sesuai konsep yang sudah direncanakan. 

Tips Membuat  Konstruksi Bangunan yang Kuat dan Tahan Lama

Yuk simak tiga tips dibawah ini untuk membuat konstruksi bangunan yang kuat dan tahan lama!

1. Pastikan Struktur Konstruksi Bangunan Anda Dapat Menahan Beban Sesuai Perencanaan. 

Pondasi adalah hal yang paling mendasar dalam sebuah konstruksi bangunan. Jika kita memiliki pondasi kuat yang bisa menahan beban diatasnya, maka bisa dipastikan konstruksi bangunan kita berdiri dengan kokoh. Selain itu, pilihlah struktur bangunan yang sesuai dengan area pembangunan. Sebagai contoh Indonesia memiliki daerah yang rawan terkena banjir, gempa bumi, dan tanah longsor. Maka dari itu, pembuatan struktur bangunan yang kuat dan tahan lama adalah hal yang wajib dilakukan. 

2. Pelaksanaan Pembangunan Konstruksi Harus Dijalankan Dengan Baik dan Benar

Pelaksanaan merupakan perwujudan dari rencana yang sudah ditargetkan. Dalam pelaksanaannya Anda harus rajin untuk mengawasi agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Pastikan pelaksanaan ini dapat berjalan dengan baik dan benar agar hasil konstruksi bangunannya juga mendapatkan hasil yang terbaik.

3. Material yang Digunakan Berkualitas 

Untuk membuat bangunan yang kuat dan nyaman ada baiknya Anda memilih bahan bangunan yang berkualitas karena kondisi sebuah konstruksi bangunan sangat mudah terpengaruh pada perubahan iklim yang ada. Seperti menggunakan material yang tahan disegala kondisi cuaca.

Agar anda bisa tenang dalam memilih kebutuhan material konstruksi bangunan seperti besi dan baja, Perkasa Partner bisa mempercayakan kebutuhan Anda di SMS Perkasa karena kami hanya menyediakan material besi berkualitas SNI. Segera kunjungi website kami di untuk mendapatkan produk besi berkualitas untuk membangun konstruksi yang Kuat dan tahan lama. 

Bagikan sekarang