Tips Membangun Rumah Lantai 1

Tips membangun rumah 1 lantai

Membangun rumah idaman adalah impian setiap orang, apalagi untuk keluarga muda yang baru membina keluarga sendiri. Namun, meski begitu bagi pasangan muda nyatanya banyak yang belum memiliki dana cukup untuk membangun sebuah rumah. Hal itu yang membuat beberapa pasangan cenderung memiliki keinginan untuk memiliki rumah dengan sistem kredit KPR (Kredit Kepemilikan Rumah). Namun, apakah hal tersebut menguntungkan? atau malah membuat kesulitan? Sebenarnya, semua itu tergantung terhadap kesiapan dari pasangan, seperti total gaji, tanggungan dan lain sebagaianya. 

Biasanya KPR akan tidak sangat direkomendasikan kepada mereka yang tidak memiliki kualifikasi screening awal pada pihak bank penyedia jasa KPR. Sehingga pasangan muda memiliki kebingungan untuk membangun rumah tapi minim budget atau mengambil rumah dengan KPR? membangun rumah minimalis satu lantai bisa menjadi solusi bagi anda. Membangun rumah lantai satu yang sempurna dapat menjadi proyek yang menantang, terutama jika Anda bekerja dengan anggaran yang terbatas. Namun, dengan beberapa rencana matang dan tip yang tepat, Anda dapat membuat rumah impian Anda menjadi kenyataan tanpa harus keluar dari anggaran. Berikut ini adalah beberapa tips menarik yang bisa anda gunakan untuk membantu anda sebelum membangun sebuah hunian lantai 1!

1. Buat Rencana Matang

Perencanaan membangun rumah
Perencanaan membangun rumah

Sebelum mulai membangun rumah, pastikan Anda memiliki rencana yang jelas tentang desain, layout, dan anggaran yang Anda miliki. Rencana ini akan menjadi acuan Anda selama proses pembangunan dan akan membantu Anda mengatur anggaran dengan baik.

2. Pilih Lokasi yang Tepat

Lokasi terbaik membangun rumah
Lokasi terbaik membangun rumah

Pilih lokasi yang tepat untuk rumah Anda adalah kunci untuk menghemat anggaran. Pilih lokasi yang dekat dengan fasilitas umum seperti pasar, sekolah, dan rumah sakit, yang akan mengurangi biaya transportasi.

3. Membangun Rumah dengan Manfaatkan Lahan Sebaik Mungkin

lahan rumah
Memanfaatkan lahan rumah untuk dibuat sebuah ruangan yang multifungsi

Tips ketiga sebelum Anda memutuskan untuk mulai membangun rumah, susunlah strategi tentang pemanfaatan lahan dengan sebaik mungkin. Memanfaatkan lahan dengan baik akan membuat rumah impian Anda tersusun dengan lebih rapi daripada tanpa perencanaan yang matang. Perhatikan seberapa luas tanah yang Anda miliki, jangan lupa untuk diukur terlebih dahulu.

Saat pengukuran, rencanakan apakah Anda ingin memiliki tempat lain di luar rumah nantiya atau tidak. Misalnya Anda ingin membangun rumah dengan kolam di bagian samping, atau membuat taman mini di depan rumah, atau bahkan menyisakan lahan untuk garasi. Intinya, manfaatkan lahan yang Anda miliki dengan sebaik mungkin.

4. Kurangi Penggunaan Furniture Built-in

Furniture built-in
Furniture built-in

Saat ini, furniture built-in cukup diminati karena fleksibilitas nya (bisa customized sesuai keinginan). Tapi tahukah kamu bahwa penggunaan furnitur built-in bisa membuat biaya untuk membangun rumah jadi membengkak?

Ketika anda menginginkan furniture built-in, anda tidak bisa membelinya secara  langsung (ready stock di toko). Selain itu, kamu harus menambah biaya lagi pada jasa tukang khusus untuk membuat furniture built-in. Pemasangan furnitur built-in juga lebih rumit daripada furnitur biasa.

5. Membangun Rumah dengan Memilih Material Berkualitas

Besi beton SNI
Besi beton SNI yang memiliki toleransi akurat

Jangan gunakan material dengan kualitas buruk, Hal itu dikarenakan material yang kamu gunakan akan membuat konstruksi bangunan dari hunianmu buruk juga. Material yang buruk akan mudah mengalami kerusakan sehingga akan cenderung sering mengalami renovasi dikemudian hari. Material yang paling penting adalah besi beton. Besi beton menjadi pondasi serta tulangan dari hunian anda. Untuk rumah 1 lantai anda hanya membutuhkan besi beton polos sebagai tulangan. 

Kami sangat menyarankan Perkasa Partner untuk menggunakan besi beton SNI. kenapa harus SNI? Karena Standar Nasional Indonesia yang diterapkan pada material besi ini sebenarnya sangat membantu kita sebagai pengguna untuk hati-hati dalam memilih besi beton yang berkualitas. Sehingga kita harusnya lebih paham, bahwa yang murah tidak selalu lebih baik. Jadi kalau sedang mencari besi beton, Perkasa Partner sekarang tau harus memilih yang mana, ya!

Anyway, Perkasa Partner bisa mengecek tabel berat besi beton dan update harga terbaru di halaman website kami. Jika Perkasa Partner ingin membeli besi beton, jangan ragu untuk segera konsultasikan kebutuhan Anda kepada tim sales kami 🙂