Prediksi Harga Besi Baja Tahun Ini

hand that pointed on paper of analytic trading report

Penentuan harga besi baja lebih rumit dari yang kita duga. Besi baja adalah komoditas global dan itu berarti harga besi baja bisa bervariasi setiap hari. Harga dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor termasuk diantaranya: kurs dolar Amerika, kondisi umum ekonomi dunia, dan hal diluar kendali kita seperti bencana alam.

Sementara beberapa faktor yang mempengaruhi penentuan harga besi baja adalah biaya tambahan yang diperlukan jika besi tersebut merupakan besi kustomisasi. Yang ukurannya bisa ditambah atau dikurangi dari ukuran standar sesuai permintaan dari pelanggan.  Sebagai distributor besi baja di Indonesia, PT. SMS Perkasa terus meninjau berbagai  sumber yang paling terpercaya tentang harga besi baja dan mempublikasikan harga besi baja kami. Mengetahui harga saat ini dapat membantu menentukan kapan waktu yang tepat bagi pelanggan untuk membeli besi.

Review tahun 2017

Pada kuartal keempat tahun 2016 Asosiasi Baja Dunia memperkirakan peningkatan kecil (0,5%) dalam permintaan baja global untuk tahun 2017. Proyeksi itu terbukti terlalu konservatif karena laporan yang sama (di atas) pada bulan Oktober 2017 mengantisipasi peningkatan sebesar 8% harga besi baja pada 2018. Perkiraan ini merupakan dampak dari peningkatan permintaan besi baja yang sebagian besar ada di China sebesar 9,3 persen, dan juga proyeksi Asosiasi Baja Dunia bahwa laju konstruksi akan meningkat hingga tahun 2019. Peningkatan ini mengikuti pasar di Amerika Utara, di mana harga baja diperkirakan naik sebesar 4,9 persen.

Peningakatan hampir 100% dari harga besi global sejak Mei 2017 sampai dengan Desember 2017.

Seiring dengan peningkatan permintaan besi baja. Demikian juga terjadi pada pasokannya untuk memajukan kondisi ekonomi pada sektor industri besi baja yang lebih baik dibandingkan dengan yang diharapkan. Kondisi tersebut berkontribusi terhadap harga baja yang lebih tinggi secara global (di atas). Meskipun harga tetap relatif stabil di Amerika Serikat (di bawah) selama setahun penuh.

Perkiraan Harga 2018

Sebagai pemimpin dunia dalam produksi baja, China memiliki pengaruh yang kuat pada industri baja secara keseluruhan. Dua tahun yang lalu, China mempoduksi besi secara besar-besaran sehingga terjadi kondisi dimana pasokan besi yang ada jauh melebihi permintaan dan hal tersebut mempengaruhi harga besi dunia. Seperti yang kita catat tahun lalu, produksi Cina menurun karena ekonomi Cina bergeser dari manufaktur dan infrastruktur menjadi jasa. Tren ini diperkirakan akan terus berlanjut ketika pemerintah China mengumumkan tahun lalu bahwa negara itu akan menurunkan produksi baja hingga lebih dari 165 juta ton pada tahun 2020.

Mengapa ini penting? Ketika pemasok baja terkemuka di dunia menurunkan produksinya, permintaan di Amerika Serikat terus meningkat. Seperti yang dikatakan oleh TV Narendan, Ketua Komite Ekonomi di Asosiasi Baja Dunia, “Kami memperkirakan pertumbuhan global akan cukup pada 2018. Terutama karena melambatnya pertumbuhan besi di China, sementara di seluruh dunia, permintaan baja akan terus mempertahankan momentum saat ini.

Akankah Harga Besi Meningkat?

Momentum permintaan baja saat ini sangat bagus untuk produsen baja. Tetapi jika produksi baja berkurang pada 2018, pelanggan cenderung membayar lebih karena harga baja di Amerika Serikat terus meningkat. Seth Rosenfeld, seorang analis di perusahaan perbankan investasi global Jefferies. Mengatakan “ekspor baja Cina jatuh 30 persen pada tahun 2017, membalikkan tahun-tahun sebelumnya, dimana china saat itu mengambil alih dengan kejam ekspor besi dari pembuat baja barat”. Rosenfeld melanjutkan dengan mengatakan bahwa seiring dengan penurunan ekspor baja China, kita bisa mengharapkan harga baja barat “kuat”. Prediksi itu juga didukung oleh peningkatan hampir 100 persen harga baja di Amerika Serikat dari Mei 2017 hingga Desember 2017.

Kapankah Anda Harus Mempertahankan Harga Besi?

Jika Anda ingin berinvestasi pada sektor industri besi, penting untuk memperhatikan faktor-faktor ini karena akan sangat memengaruhi harga besi Anda. Meskipun terjadi pemulihan harga besi pada paruh kedua tahun 2017, tetapi secara historis pemulihan tersebut masih rendah. Mengunci atau mempertahankan harga besi tetap rendah saat ini adalah cara yang bagus untuk memanfaatkan pasar dan memaksimalkan nilai besi baja Anda. Percayalah kami akan memberikan yang terbaik karena kami PT. SMS Perkasa siap membantu memenuhi segala macam kebutuhan besi baja anda dan akan selalu memperbaharui harga besi besi baja kami.