Logo SMS Perkasa

Peralatan Makan Dari Stainless Steel

peralatan masak

Siapa yang tidak kenal dengan material stainless steel, material stainless steel, atau baja tahan karat, pertama kali ditemukan pada awal abad ke-20. Pada tahun 1913, Harry Brearley, seorang insinyur dari Inggris, menemukan paduan besi dengan kromium yang memiliki sifat anti-korosif yang sangat baik. Paduan ini kemudian dikenal sebagai stainless steel dan mulai digunakan di berbagai industri, termasuk peralatan makan. Namun, penggunaan stainless steel pada peralatan makan baru menjadi populer pada tahun 1930-an, ketika produsen peralatan makan mulai menyadari kelebihan dari bahan ini, seperti ketahanannya terhadap korosi dan karat, kekuatan yang baik, serta kemampuan untuk dicuci dengan mudah dan cepat.

Sejak itu, stainless steel telah menjadi bahan yang populer untuk peralatan makan dan banyak digunakan di seluruh dunia. Kini, banyak produsen peralatan makan menghasilkan produk-produk berbahan stainless steel dengan desain yang beragam dan bervariasi. Berikut adalah beberapa peralatan makan dari stainless steel

Gelas Stainless Steel

Gelas stainless steel
Gelas stainless steel

Gelas stainless steel adalah jenis gelas yang terbuat dari bahan stainless steel, yaitu paduan besi dengan kromium dan beberapa logam lainnya. Kelebihan dari gelas stainless steel adalah ketahanannya terhadap korosi, tahan lama, serta mudah dibersihkan.

Gelas stainless steel biasanya digunakan untuk minuman dingin, seperti air, jus, atau minuman ringan. Beberapa keuntungan dari menggunakan gelas stainless steel adalah:

  • Tahan lama: Gelas stainless steel memiliki ketahanan yang sangat baik terhadap korosi dan karat, sehingga dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama.
  • Kesehatan: Stainless steel adalah bahan yang tidak beracun dan tidak memberikan rasa atau bau pada minuman yang disajikan di dalamnya.
  • Tahan terhadap suhu: Gelas stainless steel dapat menahan suhu panas atau dingin dalam waktu yang cukup lama.
  • Mudah dibersihkan: Gelas stainless steel mudah dibersihkan dan tidak mudah berjamur.
  • Tampilan yang elegan: Gelas stainless steel memiliki tampilan yang elegan dan modern, sehingga cocok digunakan dalam berbagai acara atau kesempatan.

Untuk menjaga keawetan dari gelas stainless , berikut adalah beberapa tips cara merawat gelas stainless steel:

  • Cuci dengan sabun lembut: Setelah digunakan, cuci gelas stainless steel dengan sabun lembut dan air hangat. Jangan menggunakan sikat atau kain kasar yang dapat merusak permukaan stainless steel.
  • Keringkan dengan handuk bersih: Setelah dicuci, keringkan gelas dengan handuk bersih atau biarkan mengering secara alami. Pastikan tidak ada bekas air pada permukaan gelas.
  • Jangan gunakan pemutih atau pembersih abrasif: Hindari menggunakan pemutih atau pembersih abrasif pada gelas stainless steel, karena dapat merusak permukaannya.
  • Gunakan larutan cuka: Jika terdapat noda atau kotoran yang sulit dihilangkan, gunakan larutan cuka dan air hangat untuk membersihkannya.
  • Jangan gunakan microwave: Gelas stainless steel tidak boleh digunakan dalam microwave, karena dapat menyebabkan kerusakan pada permukaannya.
  • Jangan simpan dalam freezer: Hindari menyimpan gelas stainless steel dalam freezer, karena dapat menyebabkan kerusakan pada permukaannya.
  • Simpan di tempat yang kering: Setelah dicuci dan dikeringkan, simpan gelas stainless steel di tempat yang kering dan bersih, agar tidak terkena kotoran atau debu yang dapat merusak permukaannya.

Dengan merawat gelas stainless steel dengan baik, gelas tersebut dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama dan tetap terlihat bersih dan menarik.

Sedotan Stainless Steel

Sedotan stainless
Sedotan stainless

Sedotan stainless atau stainless steel straw adalah sedotan yang terbuat dari bahan stainless steel, yaitu paduan besi dengan kromium dan beberapa logam lainnya. Sedotan stainless biasanya digunakan sebagai alternatif dari sedotan plastik yang lebih mudah rusak dan berpotensi merusak lingkungan.

Keuntungan menggunakan sedotan stainless adalah sebagai berikut:

  • Ramah lingkungan: Sedotan stainless dapat digunakan berulang kali dan dapat dicuci untuk digunakan kembali, sehingga tidak menghasilkan banyak sampah seperti sedotan plastik.
  • Kesehatan: Sedotan stainless tidak mengandung BPA atau zat-zat berbahaya lainnya yang terdapat pada sedotan plastik.
  • Tahan lama: Sedotan stainless sangat tahan lama dan tidak mudah rusak atau patah seperti sedotan plastik.
  • Tampilan yang elegan: Sedotan stainless memiliki tampilan yang elegan dan modern, sehingga cocok digunakan untuk berbagai acara atau kesempatan.

Untuk merawat sedotan stainless, ikuti tips berikut:

  • Cuci dengan sabun dan air hangat setelah digunakan.
  • Jangan gunakan sikat atau benda kasar untuk membersihkan sedotan, karena dapat merusak permukaannya.
  • Gunakan sikat sedotan khusus yang dirancang untuk membersihkan sedotan stainless.
  • Simpan sedotan di tempat yang bersih dan kering, jangan biarkan terkena air atau kelembaban yang dapat menyebabkan korosi.

Dengan merawat sedotan stainless dengan baik, sedotan tersebut dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama dan tetap terlihat bersih dan menarik.

Mangkok Stainless Steel 

Mangkok stainless
Mangkok stainless

Mangkok stainless steel adalah jenis mangkok yang terbuat dari bahan stainless steel, yaitu paduan besi dengan kromium dan beberapa logam lainnya. Mangkok stainless steel biasanya digunakan sebagai wadah untuk makanan atau sebagai wadah untuk mencuci piring dan peralatan makan.

Kelebihan dari mangkok stainless steel adalah sebagai berikut:

  • Tahan lama: Mangkok stainless steel memiliki ketahanan yang sangat baik terhadap korosi dan karat, sehingga dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama.
  • Kesehatan: Stainless steel adalah bahan yang tidak beracun dan tidak memberikan rasa atau bau pada makanan yang disajikan di dalamnya.
  • Tahan terhadap suhu: Mangkok stainless steel dapat menahan suhu panas atau dingin dalam waktu yang cukup lama.
  • Mudah dibersihkan: Mangkok stainless steel mudah dibersihkan dan tidak mudah berjamur.
  • Tampilan yang elegan: Mangkok stainless steel memiliki tampilan yang elegan dan modern, sehingga cocok digunakan dalam berbagai acara atau kesempatan.

Berikut adalah beberapa tips cara merawat mangkok stainless steel:

  • Cuci dengan sabun lembut: Setelah digunakan, cuci mangkok stainless steel dengan sabun lembut dan air hangat. Jangan menggunakan sikat atau kain kasar yang dapat merusak permukaan stainless steel.
  • Keringkan dengan handuk bersih: Setelah dicuci, keringkan mangkok dengan handuk bersih atau biarkan mengering secara alami. Pastikan tidak ada bekas air pada permukaan mangkok.
  • Jangan gunakan pemutih atau pembersih abrasif: Hindari menggunakan pemutih atau pembersih abrasif pada mangkok stainless steel, karena dapat merusak permukaannya.
  • Gunakan larutan cuka: Jika terdapat noda atau kotoran yang sulit dihilangkan, gunakan larutan cuka dan air hangat untuk membersihkannya.
  • Jangan gunakan microwave: Mangkok stainless steel tidak boleh digunakan dalam microwave, karena dapat menyebabkan kerusakan pada permukaannya.
  • Simpan di tempat yang kering: Setelah dicuci dan dikeringkan, simpan mangkok stainless steel di tempat yang kering dan bersih, agar tidak terkena kotoran atau debu yang dapat merusak permukaannya.

Dengan merawat mangkok stainless steel dengan baik, mangkok tersebut dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama dan tetap terlihat bersih dan menarik.

Nah itu tadi ada beberapa peralatan makan yang terbuat dari stainless steel, selamat mencoba! Apabila Perkasa Partner membutuhkan material plat stainless segera kunjungi website kami atau hubungi Tim Sales kami untuk mendapatkan penawaran harga terbaik!

Bagikan sekarang