Mengenal Konsep Cafe Industrial

Inspirasi konsep cafe industrial

Kita semua pasti tidak asing dengan cafe bukan? Ya, cafe sepertinya saat ini telah menjamur di mana-mana, terutama di kota-kota besar. Cafe menjadi model tempat tongkrongan yang sangat asyik dikunjungi. Diantara sekian banyak konsep desain arsitektur dan interior cafe terdapat satu yang sepertinya paling banyak digunakan atau diterapkan yaitu konsep desain unfinished, atau gaya desain industrial. Konsep ini dinilai lebih menggambarkan jiwa anak muda yang bebas namun tetap casual dalam suatu waktu.

Apa Itu Konsep Cafe Industrial?

Konsep Industrial adalah konsep desain yang memberikan tampilan berkesan setengah jadi atau unfinished yang terlihat unik, to-the-point, dan apa adanya dan terinspirasi dari berbagai komponen industri. Gaya ini identik dengan gaya interior pabrik industri pada abad ke-19. Konsep ini identik dengan model lampu besar, material beton yang dibiarkan terekspos, dan nuansa pabrik. Biasanya jika digabungkan dengan konsep modern dan minimalis bisa menciptakan kesan elegan sehingga semakin banyak diterapkan di berbagai negara termasuk Indonesia. Untuk mengetahui gambaran konsep cafe industrial secara langsung, Perkasa Partner bisa menonton video dibawah ini!

Jika Anda ingin mengetahu informasi lebih lanjut, simak penjelasan detail mengenai karakteristik konsep cafe industrial berikut ini!

Karakteristik Konsep Cafe Industrial

Langit-langit Cafe Terekspos

Desain langit-langit cafe tema industrial

Umumnya desain cafe yang mengusung tema industrial menggunakan dinding yang terkesan belum selesai atau unfinished. Langit-langit pada desain interior yang mengusung gaya industrial biasanya memperlihatkan elemen strukturalnya. Pada cafe yang bergaya industrial, Perkasa Partner bisa melihat struktur dari langit-langit cafe tersebut. Saluran pipa pada langit-langit dapat terlihat namun menjadikan tampilan interior cafe menjadi unik dan juga menarik.

Selain itu, desain cafe yang mengusung gaya industrial juga mengutamakan pencahayaan yang bagus. Desain dari cafe juga menggunakan pintu kaca di sekeliling cafe jika dibandingkan dengan dinding biasa yang tertutup. Hal ini dapat membantu cahaya matahari akan lebih mudah masuk ke dalam cafe.

Selain itu, desain kursinya pun juga berbeda. Umumnya desain kursi memadukan kayu dengan bahan besi hollow ataupun besi beton. Desain kursi yang modern dan nyaman sangat cocok untuk gaya industrial. Meja yang digunakan juga memakai material yang tidak jauh berbeda dengan desain kursinya.

Lampu khas gaya industrial

Kerangka lampu dari besi hollow

Tak hanya meja dan kursi, lampu juga harus terlihat unik. Selain, menggunakan cahaya matahari, tentu di dalam cafe tersebut memerlukan lampu untuk menerangi baik di sudut yang gelap atau saat sedang malam hari. Umumnya lampu dengan gaya industrial memiliki ciri khas tertentu yaitu lampu gantung yang biasa digunakan untuk pabrik. Lampu gaya industrial pun umumnya menggunakan kap lampu dengan besi hollow hitam. Warna lampu yang digunakan umumnya berwarna kuning. Hal ini bukan tanpa alasan. Lampu kuning dapat membuat suasana temaram dan menambahkan kehangatan. Warna lampu ini juga dapat menambahkan kenyamanan pada cafe tersebut.

Dinding Berwarna Abu-Abu

Dinding warna abu-abu di cafe industrial

Seperti yang telah dibahas sebelumnya bahwa warna merupakan komponen yang paling krusial dalam menggambarkan konsep bangunan. Warna yang paling sering digunakan pada konsep cafe industrial adalah abu-abu, baik pada furniture ataupun material besi yang dibiarkan terekspos. Abu-abu menggambarkan kesan elegan jika dicampur dengan sinar lampu berwarna kuning. Warna dinding abu juga masih bisa dikombinasikan dengan furniture berwarna hitam ataupun putih. Namun pada konsep industrial penggunaan warna putih sangat jarang digunakan. Beberapa tips lain adalah Anda juga bisa menambahkan gradasi cahaya dan bayangan melalui karya seni dan pajangan. Tujuannya agar ruangan terlihat lebih hidup.

Material yang digunakan unik

Material yang digunakan sebagai furniture dan hiasan harus merepresentasikan konsep industrial itu sendiri. Ciri khas utama dari konsep industri adalah pemilihan bahan dengan karakter yang kuat, daya tahan dan daur ulang fungsional. Material yang digunakan untuk furniture bisa terbuat dari bahan industrial seperti besi hollow maupun besi beton. Hindari menggunakan bahan mewah seperti marmer saat menggunakan konsep ini.  Sempurnakan konsep industrial dengan bahan lain seperti  logam, aluminium, kayu, dan batu.

Terlihat kokoh

Ciri dari konsep industrial selanjutnya adalah adanya garis lurus dan konstruksi yang kokoh. Namun bukan berarti konsep industrial tidak bisa menampilkan lekukan dan pola abstrak yang indah. Pastikan pengaplikasian tepat dan tidak berlebihan.

Konsep industrial jarang menggunakan aksesoris atau dekorasi untuk menciptakan tampilan yang sederhana dan minimalis. Konsep industrial juga lebih menekankan pada fungsi dari aksesoris itu sendiri atau dekorasi itu sendiri

Contoh Konsep Cafe Industrial

Menariknya konsep ini bisa dikolaborasikan dengan konsep lainnya,kira-kira seperti apa saja konsep cafe industrial yang bisa di mix and match dan banyak digunakan saat ini?

Perpaduan dengan konsep minimalis

Inspirasi konsep cafe industrial minimalis

Konsep cafe industrial juga bisa dibuat dalam warna yang lebih cerah, seperti putih dan coklat. Tampilan ini membuat desain interior cafe terlihat bersih dan minimalis.

Pada bagian lantai, sebagian dilapisi dengan keramik putih berbentuk segi enam dan sebagian lagi dibiarkan menjadi lantai semen. Untuk kesan yang lebih hangat agar para tamu makin nyaman dan betah, dinding berwarna putih dipadukan dengan potongan papan kayu.

Perpaduan dengan konsep nature

Inspirasi konsep cafe industrial nature

Konsep cafe industrial juga ada yang sifatnya luar ruangan. Rangkaian meja panjang bisa menjadi tempat nongkrong yang asyik bersama teman-teman. Pada bagian pintu, ada lampu gantung bernuansa jadul. Uniknya, konsep ini terlihat asri berkat tanaman hijau. Tanaman tersebut tidak menggunakan pot, melainkan langsung ditanam pada tanah yang masih menyatu dengan lantai semen. Hasilnya seakan tanaman berhasil menembus semen. Keren!

Nah, bagaimana perkasa partner apakah sudah lebih mengenal konsep cafe industrial? Desain interior cafe industrial yang unik dan khas bisa Anda jadikan inspirasi untuk bangunan yang sedang Anda dirikan. Jika Perkasa Partner sedang membutuhkan besi hollow, besi beton, maupun material besi lain untuk menjadikan bangunan Anda berkonsep industrial langsung saja lakukan pemesanan melalui Tim Sales Kami sekarang juga!