Kenali Berbagai Jenis Besi Plat Serta Fungsinya

Perkasa Partner pasti sudah tidak asing lagi dengan besi yang dinamakan besi plat. Namun, mungkin Perkasa Partner masih bingung apa saja fungsi dan keunggulan dari setiap jenis yang ada. Yuk baca artikel di bawah ini untuk mengetahui fungsi dari masing-masing jenis besi plat!

Plat Jenis Kapal

Plat kapal dibuat dari peleburan bijih besi dalam tungku sembur yang mempunyai struktur kerucut dan tungku tersebut tentunya terbuat dari bahan tahan api. Dibandingkan dengan produk besi plat lainnya, jenis plat kapal mempunyai ketahanan yang lebih kuat terhadap korosi. Plat kapal juga memiliki ukuran yang relatif panjang dan lebar. Oleh karena itu, plat kapal biasanya cocok untuk digunakan sebagai:

Pembuatan Kapal

Sesuai dengan namanya, plat kapal awalnya dikhususkan sebagai bahan pembuatan kapal. Mengapa demikian? Karena sifatnya yang tahan terhadap korosi dapat membantu agar kapal menjadi tidak mudah bocor. Untuk penggunaan konstruksi lambung kapal biasanya harus dipastikan kandungan unsur karbon 0,15%-0,23%, dan unsur sulfur serta fosfor kurang dari 0,05%. Sebab, bila konsentrasi kandungan unsur sulfur dan fosfor terlalu tinggi maka akan beresiko retak saat proses pengelasan.

Pembuatan Tangki

Plat jenis kapal juga sering ditemukan di industri minyak dan gas, khususnya pada bagian pengolahan. Plat kapal umumnya digunakan sebagai bahan untuk pembuatan tangki karena salah satu syarat untuk bahan yang digunakan dalam pembuatan tangki adalah harus tahan korosi dan tak mudah bocor. Oleh karena itu tangki berbahan plat kapal ini banyak dipilih untuk digunakan di industri minyak dan gas.

Baca juga: Apa Beda Plat Besi, Plat Kapal, dan Plat Lubang?

Plat Jenis Strip

Keunggulan yang dimiliki oleh plat jenis strip adalah ia lebih mudah untuk ditekuk dengan las dan dibengkokkan sesuai kebutuhan dibandingkan dengan plat jenis lainnya. Keunggulan tersebut membuat plat strip menjadi jenis yang favorit untuk dijadikan sebagai bahan dalam pembuatan:

Teralis Jendela

Zaman sekarang, banyak orang-orang yang tertarik dengan memasang teralis jendela, terutama yang bermodel minimalis. Apa sih gunanya memasang teralis jendela? Memasang teralis jendela sendiri dapat meningkatkan keamanan rumah dari penjahat maupun binatang liar, mempercantik tampilan rumah, serta menjamin udara luar agar tetap bisa masuk ke dalam rumah. Karena kemudahannya untuk dibentuk, besi plat jenis strip merupakan bahan yang favorit dalam pembuatan teralis jendela, baik untuk yang model minimalis, maupun yang model klasik.

Pagar

Plat jenis strip juga sering digunakan untuk pembuatan jari-jari pagar. Hal ini dikarenakan keunggulannya yang gampang ditekuk dapat membuatnya gampang untuk dibentuk jadi motif-motif yang beragam. Sebagai contoh, sekarang banyak orang yang menyukai pagar dengan motif bergelombang untuk menambah kesan keindahan pagarnya. Bila Perkasa Partner juga ingin membangun pagar bermotif gelombang, Perkasa Partner juga bisa menggunakan plat jenis strip agar proses pembuatannya tidak memakan waktu yang lama dan juga bisa menghemat dari segi biaya.

Sekat

Penggunaan sekat ruangan adalah sebuah alternatif untuk membagi sebuah ruangan tanpa harus membangun dinding permanen. Pengaplikasiannya sendiri biasanya sering ditemukan di apartemen studio atau rumah minimalis. Kebanyakan, partisi ruangan ini digunakan untuk memisahkan area ruang tamu dengan ruang keluarga atau ruang makan dengan dapur. Selain itu, alat penyekat ruangan ini memiliki banyak varian mulai dari jenis material hingga bentuk yang variatif. Besi plat jenis strip yang memiliki keunggulan mudah dibentuk merupakan bahan yang sangat cocok untuk pembuatan sekat, terutama bagi Perkasa Partner yang ingin memiliki sekat dengan model minimalis modern.

Ventilasi Berbahan Besi

Secara umum, ventilasi berfungsi mengalirkan udara dari luar ke dalam ruangan dan sebaliknya, sehingga terjadi pergantian udara yang sehat untuk dihirup. Seiring dengan keluarnya udara dari dalam, ventilasi juga menjadi saluran keluarnya polusi dari dalam rumah. Ventilasi yang baik adalah faktor penting yang bisa berdampak, tidak hanya kepada produktivitas dan kegiatan penghuninya, tetapi juga bisa mengurangi penyebaran penyakit infeksi saluran pernapasan. Bisa di rumah (kamar mandi, kamar, ruang tamu) maupun di industri (Biasanya, ventilasi industri digunakan pada ruangan dengan kebutuhan udara maksimal seperti pabrik, restoran, dan juga dapur. Di Indonesia, kebanyakan orang menggunakan bahan besi, kayu, atau kaca untuk membuat ventilasi. Bila Perkasa Partner tertarik untuk membuat ventilasi yang berbahan dasar besi, maka kami merekomendasikan anda untuk menggunakan plat jenis strip karena proses pembuatannya akan lebih praktis dan bentuknya juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan anda.

Plat Jenis Bordes

Plat jenis bordes memiliki keunggulan dari segi teksturnya, dimana ia memiliki tesktur permukaan seperti pada jenis plat kembang . Mengapa ini merupakan sebuah keunggulan? Jawabannya adalah karena permukaan berbentuk kembang ini dapat berfungsi mengurangi risiko jatuh terpeleset, terutama saat di area yang basah. Karena keunggulan ini, pengaplikasian plat bordes banyak ditemukan di:

Lantai Bangunan

Plat jenis ini merupakan bahan yang tepat jika digunakan sebagai lantai, dikarenakan motif cakar ayam atau bunganya yang timbul membuatnya dapat mengurangi adanya resiko tergelincir dan licin.

Anak Tangga

Selain melihat dari sisi estetika, faktor yang diprioritaskan oleh kebanyakan orang sebelum memilih bahan untuk membuat anak tangga adalah faktor keamanan, karena sekarang tidak sedikit anak kecil yang tinggal di rumah yang bertingkat dan keamanan merupakan prioritas saat membangun tangga. Oleh karena itu, plat bordes merupakan salah satu bahan yang sering dipilih orang dalam membuat anak tangga karena motifnya yang timbul dapat mengurangi resiko tergelincir.

Lantai di Transportasi

Karena keunggulannya yang mengurangi resiko tergelincir, plat bordes juga biasa digunakan pada lantai bus penumpang dan alas pada truk pemadam kebakaran. Sebagai informasi, plat bordes juga memiliki permukaan yang kasar. Hal ini membuat benda yang ada di atasnya tidak mudah tergelincir. Itulah mengapa saat di dalam bus, kita tidak mudah jatuh meski kendaraan tersebut bergerak dan melaju dengan cepat. Akan tetapi, pada kendaraan seperti bus dan lainnya, plat bordes biasanya adalah tambahan yang di-instal sendiri oleh pemilik kendaraan. Pada alat transportasi yang lebih besar yaitu kereta api, plat bordes ini dipakai dalam pemisah gerbong.

Plat Jenis Hitam

Kegunaan plat besi berjenis hitam adalah sebagai material penguat. Besi plat hitam memiliki bentuk yang hampir menyerupai tripleks kayu jika dilihat secara sekilas, hanya saja besi plat hitam ini terbuat dari material baja yang tentunya jauh lebih kokoh dan juga kuat. Karena karakteristik-karakteristik tersebut, plat jenis hitam sering digunakan sebagai bahan dalam membuat:

Dudukan Bangunan

Walaupun banyak yang menggunakan bahan kayu sebagai dudukan bangunan, namu admin menyarankan Perkasa Partner untuk menggunakan besi daripada kayu, terutama besi jenis plat hitam, karena besi jenis ini tidak mudah berkarat atau mengalami korosi.

Pelengkap Rangka Baja Bangunan

Hal ini dikarenakan bahan yang biasa dicari untuk pelengkap rangka baja merupakan bahan yang fleksibel dan bisa dikombinasikan dengan bahan bangunan lainnya. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, plat jenis hitam merupakan salah satu pilihan bahan yang favorit di Indonesia.

Bagaimana Perkasa Partner? Apa sudah tahu kira-kira jenis plat besi yang mana yang paling cocok dengan kebutuhan anda? Yuk segera konsultasikan kebutuhan anda dengan Tim Sales kami untuk mendapatkan plat besi dengan harga terbaik!

back to top