Inspirasi dari Buku “The Magic of Thinking Big – David J. Schwartz”

Seorang pria bermain catur

Inspirasi buku kali ini, tidak peduli apakah tujuan hidup Anda sangat besar dan menakutkan atau cukup kecil dan dapat dicapai, kemungkinan Anda telah berpikir “Di mana saya memulai?”. Penulis buku ini menyarankan Anda memulai dengan menciptakan pola pikir di mana Anda merasa 100% mampu mencapai apa pun yang Anda inginkan. Kenapa ini bisa berfungsi? Karena begitu Anda mulai cukup percaya diri, otak Anda akan memicu kreativitas yang diperlukan untuk mencapai tujuan Anda.

Ide-ide ini bisa menjadi akar dari apa yang kemudian menjadi psikologi positif. Satu studi McKinsey yang dikutip dalam buku ini menyatakan bahwa apa yang paling dicari oleh para pemimpin manajemen dan masyarakat saat bekerja dengan tim, adalah dorongan untuk bergerak maju. Orang-orang mencari sikap ini, karena memastikan Anda bertahan dalam menghadapi kegagalan dan kesulitan, bukannya melarikan diri di rintangan pertama. Sekarang David menyajikan kepada kami beberapa strategi untuk meningkatkan kepercayaan diri dan kepercayaan diri Anda.

Terus bekerja pada kemampuan berpikir kreatif Anda. 

Berbeda dengan hanya menghafal fakta, yang hanya akan membantu Anda dalam situasi tertentu. Pemikiran kreatif akan membantu Anda menyelesaikan masalah apa pun yang akan Anda hadapi. Otak Anda dapat menilai dan beradaptasi dengan situasi apa pun, karena itu tetap fleksibel. David menyarankan 3 hal:

  1. Selalu terbuka untuk ide-ide baru. 
  2. Pelajari sesuatu yang baru kapan pun Anda bisa. 
  3. Tanyakan pada diri Anda “Bagaimana saya bisa melakukan pekerjaan yang lebih baik hari ini?” Setiap hari.

Mematikan suara negatif di kepala Anda. 

Dengan berita yang kebanyakan melaporkan peristiwa mengerikan dan semua orang di sekitar Anda hanya mengeluh, berpikir negatif adalah hal yang lumrah. Namun, Anda akan menemukan tidak ada jawaban hampir selalu tidak berhasil atau hanya rata-rata. Anda dapat melakukan ini dengan menuliskan obrolan ringan yang berbunyi seperti iklan di mana Anda mencoba untuk menjual diri Anda kepada diri sendiri. Berfokuslah pada apa yang membuat Anda berbeda, misalnya bahwa Anda lucu dan membuat orang tertawa di tempat kerja sepanjang waktu. Bacalah dengan keras sekali sehari dan dalam keadaan tenang setiap kali Anda merasa sedikit kecewa.

Anda tidak akan menjadi sukses sendirian

Peluangnya adalah Anda tidak akan menjadi sukses sendirian – ada orang-orang disekitar Anda yang memiliki peran penting. Itulah mengapa Anda harus memperlakukan semua orang yang Anda temui dengan hormat. Bahkan jika mereka bertindak gila, mereka mungkin saja mengalami hari yang buruk. Tetapi seperti Anda ingin diperlakukan seperti orang penting, begitu juga mereka. Nasihat berikutnya tentang rekan-rekan Anda. Anda mungkin pernah mendengar pepatah “Anda adalah rata-rata dari lima orang yang ada di sekitar Anda”. Sementara Anda dapat mengubah orang-orang yang anda pilih untuk berada di sekitar Anda. Jadi, mencari untuk menciptakan lingkungan dengan orang-orang yang berkualitas tinggi untuk diri Anda sendiri dan hanya menerima saran dari orang-orang yang telah pergi ke mana Anda ingin pergi. Jeff Bezos dari Amazon tidak memiliki banyak teman yang sukses, jadi dia hanya mengurung diri dengan buku. Dengan membaca biografi orang-orang sukses, dia ingin berkenalan dengan mereka.

Faktor penting lainnya adalah sikap Anda, yang akan tercermin dalam cara Anda berjalan, berbicara, dan berperilaku. Sikap adalah cermin pikiran dan orang selalu mengetahui apa yang sedang terjadi. Bagaimanapun, membaca bahasa tubuh adalah bagaimana kita bertahan selama ribuan tahun. Dua hal yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan sikap Anda termasuk selalu melakukan apa yang menurut Anda benar secara moral dan selalu berpakaian dengan baik.

Yang pertama sangat kuat dari dalam, karena Anda percaya pada pekerjaan Anda akan memastikan Anda bangga. Yang terakhir ini kuat dari luar, karena itu membuat Anda dan orang lain merasa penting. Tidak ada yang terlahir percaya diri, namun semua orang bisa mempelajarinya. “Palsulah sampai Anda berhasil” adalah benar dalam hal ini, karena Anda dapat mengendalikan emosi Anda dengan berperilaku seperti yang Anda inginkan. Jadi duduk di baris pertama, buat kontak mata dengan orang-orang dan berjalan lebih cepat daripada yang lain. Sama seperti berpakaian dengan baik itu akan membuat Anda terlihat penting di luar, yang pada gilirannya akan membuat Anda merasa percaya diri dari dalam.

Pemenang menemukan solusi, pecundang mencari alasan

Anda mungkin pernah mendengar pepatah “Pemenang menemukan solusi, pecundang mencari alasan.” Dan itu benar. Di sinilah buku ini penuh lingkaran, karena percaya pada diri sendiri adalah apa yang menciptakan perbedaan antara mencoba menemukan seseorang untuk disalahkan ketika ada yang salah, dan mencari cara untuk mencoba lagi dan menjadi lebih baik. Jadi bagaimana Anda mengubah semua ini menjadi tindakan?

Ambil pendekatan 2 langkah: Merencanakan dan mengeksekusi. Tulis rencana detail langkah demi langkah dengan petunjuk bagaimana Anda melakukan setiap langkah dan gambaran kasar tentang kapan Anda akan menyelesaikannya. Kemudian, mulai bekerja dan pelajari kemunduran Anda. Jangan sia-siakan energi apa pun untuk menyalahkan diri sendiri, cobalah untuk belajar dari apa yang salah dan ambil langkah berikutnya. Argumen terakhir dari buku ini adalah bahwa satu-satunya perbedaan antara orang sukses dan orang normal terletak pada kepercayaan diri dan keyakinan mereka. Hal inilah yang menyebabkan mereka bertahan cukup lama bagi mereka untuk mencapai kesuksesan.

Materi ini disampaikan oleh salah satu anggota team SMS Perkasa dalam kegiatan rutin yang diadakan dalam tema “Kaizen Day”.  Materi menarik lainnya yang dapat menjadi bahan bacaan dan inspirasi bagu Anda adalah 3 Kunci Utama dari One Minute Manager