Penting! Waspadai Kenaikan Harga Plat Besi

Harga Besi Beton Februari 2019

Sedang ada kebutuhan plat atau produk-produk baja berlapis? Ini mungkin saatnya Anda mempertimbangkan untuk membeli dalam waktu dekat ini sebelum harga-harga flat product seperti plat besi kian meroket. Kenyataannya pasar besi baja di seluruh dunia meliputi pasar AS, Laut Hitam, dan Asia Tenggara sedang memasuki fase bullish. Fase bullish sendiri merupakan keadaan dimana terdapat kecenderungan harga untuk menguat secara terus menerus. Meski nyatanya, belum bisa dipastikan hingga kapan kenaikan harga ini akan terjadi.

Kondisi ini diduga terjadi karena para produsen besi baja harus menutupi kenaikan biaya produksi yang disebabkan oleh naiknya harga bahan baku. Harga bijih besi dan scrap tercatat sudah mengalami kenaikan yang signifikan selama dua minggu terakhir. Sebagai contoh, indeks harga hot rolled coil (HRC) di pasar AS kini mencapai $USD756/ton pada 8 Februari lalu, setelah sempat terpuruk dengan harga terendahnya sebesar $USD730/ton pada 31 Januari.

Sama halnya dengan pasar besi baja Eropa, produsen-produsen Eropa mulai memperkenalkan kenaikan harga. Hal ini dipicu oleh kenaikan harga impor yang diberlakukan oleh pabrik-pabrik Turki sebagai pemasok asing utama di Eropa. Harga HRC yang biasanya berkisar di $USD475/ton pada pertengahan Januari, kini melambung hingga $USD540/ton pada 8 Februari lalu. Namun, permintaan pasar yang lemah makin memperumit kondisi pasar besi baja di Eropa.

Bagaimana menurut Anda?

Harga Plat Besi pada Februari 2019: Naik atau Turun?

Apakah kenaikan harga pada pasar ASEAN akan otomatis memengaruhi harga-harga flat product di pasar besi baja Indonesia? Jika iya, maka besar kemungkinan harga plat besi akan terus meroket dalam periode yang belum bisa dipastikan. Sedangkan produk-produk plat besi yang berasal dari pabrik-pabrik Cina dalam minggu ini masih mengalami stagnansi, meski secara konstan mengalami sedikit kenaikan harga di setiap bulannya. Sebagai contoh pada produk HRC, harga di pasar Cina kini berada pada $USD497/ton dari minggu lalu.

Saran kami: waspadai kenaikan harga besi di produk-produk plat. Hubungi SMS Perkasa untuk informasi harga plat besi, harga plat kapal, maupun harga baja ringan. Sales tim kami akan siap membantu Anda. Simak juga analisa pasar besi baja di blog.smsperkasa.com setiap minggunya.

Image credit: http://ds.arcelormittal.com

Bagikan sekarang