Mengenal Flat Product dan Long Product dalam Besi Baja

macam-macam besi baja

Apakah Anda sering mendengar istilah flat product dan long product dalam industri besi baja? Apakah Anda sering memantau pergerakan harga-harga besi baja baik di pasar nasional maupun internasional? Apa sih sebenarnya yang dimaksud dengan flat product dan long product tersebut? Ini dia jawabannya.

Pengolahan bijih besi akan menghasil tiga jenis produk besi baja, diantaranya flat product, long product, dan stainless steel. Masing-masing jenis produk besi memiliki produk induk yang bisa diturunkan dan diolah menjadi produk lainnya. Produk induk dari flat product adalah slabs (lempengan) yang bisa diolah menjadi produk turunan berupa besi lembaran atau plat besi. Sedangkan long product memiliki produk induk berupa billets dan blooms. Produk-produk induk ini biasa dikenal sebagai produk setengah jadi karena dalam prosesnya produk-produk ini akan dibentuk lagi menjadi produk siap pakai.

Slabs sebagai induk dari flat product, merupakan batang baja yang mengalami proses hot-rolled (giling) hingga membentuk lembaran dengan lebar hingga 3000 mm dan ketebalan mencapai 320 mm. Blooms adalah batang baja yang dihasilkan dari proses rolling (pilin) dengan ukuran hingga 500 mm, penampangnya memiliki bentuk persegi maupun persegi panjang. Sedangkan billets adalah produk olahan yang sama seperti blooms namun memiliki bentuk yang lebih kecil dengan ukuran sekitar 180 mm2.

Perbedaan Slabs, Billets, dan Blooms
Perbedaan Slabs, Billets, dan Blooms (Sumber: quora.com)

Flat Product

Steel Plates, merupakan produk yang dihasilkan melalu pemanasan slabs. Plat besi biasanya digunakan sebagai bahan utama untuk konstruksi jembatan, pembuatan kapal, tangki, pipa besi, mesin, dan juga peralatan industri.

Hot-Rolled Sheets, merupakan produk turunan slabs yang dihasilkan dengan cara memanaskan slabs hingga mencapai suhu 1000° F dan menggiling slabs dalam rolling mill untuk membuatnya lebih pipih hingga memiliki ketebalan dibawah 12 mm. Hot-rolled sheets biasanya digunakan pada aplikasi non-surface seperti rangka, roda, suspensi, dan bagian dalam lainnya pada badan mobil atau truk. Produk ini juga biasa digunakan pada alat pertanian, industri konstruksi, pembuatan mesin, tabung, pipa, dan rel pelindung.

Cold-Rolled Sheets, merupakan lembaran besi yang diperoleh melalui proses perendaman slabs pada cairan asam untuk menghilangkan kerak dan kotoran dari permukaan besi baja. Setelah itu slabs digiling dalam rolling mill tanpa pemanasan ulang hingga mencapai ketebalan yang diinginkan. Cold-rolled sheets biasanya digunakan pada aplikasi permukaan seperti panel maupun bagian badan produk-produk otomotif. Sebelum dijual dan digunakan oleh pengguna akhir, cold-rolled sheets biasanya dilapisi atau dicat terlebih dahulu. Dengan begitu, sudah jelas bahwa harga cold-rolled sheets akan lebih mahal daripada hot-rolled sheets.

Coated Sheets, merupakan cold-rolled sheets yang telah dilapisi dengan seng atau aluminium yang kita kenal dengan nama galvanis, galvalum, dan galvanil. Produk ini lebih tahan terhadap korosi dan lebih mudah untuk di cat. Coated sheets memiliki harga yang lebih tinggi karena prosesnya lebih rumit dan kualitasnya benar-benar diperhatikan. Penggunaan coated sheets biasanya diterapkan pada aplikasi eksterior seperti peralatan rumah tangga, roofing dan siding, peralatan pemanas dan pendingin ruangan, saluran udara, kotak saklar, serta kemasan makanan.

Salah satu produk turunan dari flat product adalah plat besi
Jual Plat Galvanil, Strip Besi Surabaya Salah satu produk turunan dari flat product adalah plat besi (Sumber: grandsteel.net)

Long Product

Bars, dibuat dengan memilin billet. Jenis bars yang paling umum dipasaran adalah merchant bar dan reinforcing bar. Merchant bar meliputi besi as, vierkant, pipa kotak, strip besi, juga sambungan-sambungan besi lainnya yang digunakan untuk membuat pagar, furnitur, dan alat pertanian. Sedangkan reinforcing bar (rebar) atau lebih dikenal dengan nama besi beton digunakan untuk memperkuat konstruksi bangunan seperti jembatan, jalan raya, dan gedung-gedung bertingkat.

Special Bar Quality (SBQ) Steel, merupakan produk dalam long product yang memiliki kualitas paling baik. Produk ini biasanya diperdagangkan dalam kontrak jangka panjang karena membutuhkan banyak spesifikasi dalam pembuatannya seperti kekuatan dan lifetime. SBQ Steel banyak digunakan dalam aplikasi yang memprioritaskan keselamatan seperti poros, poros engkol, roda gigi transmisi, atau bantalan.

Wire Rods, merupakan gulungan kawat baja yang biasa digunakan di industri otomotif, konstruksi, dan pengelasan.

Wire Products, merupakan produk turunan dari wire rod yang diolah untuk meningkatkan fungsinya dalam aspek finishing, dimensi, maupun sifat fisik. Produk ini biasanya digunakan untuk pegas, pengencangan, kawat beton, konduktor listrik, maupun kabel struktural.

Structural Sections, merupakan produk yang sering digunakan dalam industri konstruksi. Structural sections dibuat dengan memanaskan billet atau blooms untuk dibentuk menjadi berbagai macam bentuk yang dibutuhkan. Produk ini diantaranya adalah kanal besi Wide Flange (WF), UNP, CNP, H-Beam, dan lainnya.

H-Beam merupakan produk turunan dari long product (Sumber: web.tradekorea.com)

Nah, sekarang tau kan darimana istilah long product dan flat product berasal. SMS Perkasa sebagai toko besi menyediakan berbagai varian produk besi seperti plat besi, pipa besi, wiremesh, CNP, UNP, WF, dan lain-lain. Kami menjamin kulaitas besi SNI yang kami jual dengan angka toleransi yang pasti. Butuh besi? Hubungi SMS Perkasa saja!

Bagikan sekarang