Apa itu PayLater? Definisi, Keuntungan, dan Tips

SMSP Paylater

Perkasa Partner pasti sudah familiar dengan metode pembayaran yang disebut sebagai “PayLater”. Namun, mengapa metode pembayaran ini bisa menjadi sangat populer? Jawabannya adalah karena para e-commerce di Indonesia seperti Tokopedia, Shopee, Traveloka, dan Bukalapak juga mempunyai fasilitas ini dan mereka semua mendorong para pelanggannya untuk mencoba fitur PayLater ini. Fitur ini juga terutama sangat populer di kalangan milenial di Indonesia. Tertarik kan, untuk mengenal fitur ini lebih lanjut? Yuk baca artikel di bawah ini untuk mencari tahu lebih lanjut tentang PayLater!

Definisi

PayLater sendiri merupakan layanan pinjaman online tanpa kartu kredit yang mengizinkan penggunanya untuk membayar suatu transaksi di kemudian hari, baik dengan sekali bayar atau dengan mencicil. Jadi, dengan adanya fasilitas PayLater, masyarakat bisa memenuhi semua keinginan dan kebutuhannya seperti berbelanja dan travelling tanpa harus menunggu punya uang yang cukup.

Keuntungan

Berikut merupakan beberapa keuntungan dari metode pembayaran PayLater:

1. Proses Lebih Cepat dan Praktis

Salah satu alasan mengapa PayLater sangat digemari oleh kaum milenial adalah karena PayLater jauh lebih praktis, memiliki syarat yang lebih sedikit, dan proses pendaftaran maupun pengaktifannya juga lebih cepat dibandingkan kartu kredit. Seperti yang diketahui proses pengajuan pembuatan kartu kredit membutuhkan syarat-syarat dokumen wajib yang lebih banyak dibandingkan syarat PayLater. Belum lagi, proses persetujuan kartu kredit di bank juga memakan waktu kurang lebih beberapa hari.

2. Cicilan Bervariasi Tenor Hingga Setahun

Daftar aplikasi layanan fitur PayLater di beberapa e-commerce dan e-wallet memberikan pilihan tenor cicilan bervariasi, mulai dari 1 bulan hingga satu tahun. Artinya, Perkasa Partner bisa menentukan atau mengaktifkan fitur ‘pay later’ sesuai dengan kebutuhan. Misalnya, Traveloka dan OVO menyediakan fitur pembayaran PayLater dengan tenor pendek yang yaitu mulai dari 1 bulan hingga 12 bulan.

3. Banyak ‘Promo’ Menarik

Alasan lain mengapa fitur ini sangat digemari oleh para generasi muda adalah karena banyaknya promo cashback hingga potongan harga spesial yang ditawarkan bila membayar dengan metode PayLater. Promo atau cashback ini biasanya terletak pada penjualan produk yang populer, dimana jika pembeli mau membayar menggunakan fitur PayLater yang ada pada e-commerce atau aplikasi online tersebut pembeli bisa mendapatkan harga yang lebih murah atau cashback yang besar. Jadi, berbelanja menggunakan PayLater bisa memberikan banyak menguntungkan pada penggunanya, lho!

Tips

1. Waspada Terhadap Kejahatan Phising

Jangan sembarangan membuka atau mengklik pesan atau link yang terlihat seperti aplikasi PayLater. Pesan atau link ini dapat anda terima melalui SMS, Whatsapp, maupun E-mail. Pastikan pesan dan link yang akan anda klik resmi berasal dari aplikasi yang sudah diawasi oleh OJK. Hal ini bertujuan untuk menghindari pishing. Pishing adalah tindakan ilegal untuk mengambil alih suatu akun atau informasi pribadi dengan tujuan tertentu seperti melakukan penipuan, pengancaman, dan lain-lain.

2. Jangan Berikan Data Pribadi Terhadap Pihak yang Tidak Jelas

Jangan pernah berikan data pribadi Anda seperti NIK maupun alamat rumah melalui percakapan, atau pesan dengan pihak yang belum bisa Anda pastikan keamanannya. Hal ini bisa dicegah dengan memiliki pengamanan berlapis, spesifiknya dengan melakukan otentifikasi jika Anda mengakses akun Anda yang terkait dengan transaksi belanja (contoh: mengirimkan one time password yang hanya dikirim ke nomor ponsel yang Anda pegang melalui SMS). Hal ini juga bisa dilakukan dengan cara mengaktifkan setting notifikasi jika ada yang mengakses akun Anda dari perangkat digital yang tidak dikenali.

3. Variasikan Password

Jangan gunakan kata kunci yang sama untuk akun-akun penting, termasuk akun yang digunakan untuk berbelanja atau melakukan transaksi online. Hal ini bertujuan untuk melindungi diri dari risiko pembobolan yang mungkin terjadi. Ketika sebuah akun dibajak atau dibobol, maka pembajak dapat mengambil alih akun yang lain jika menggunakan kata kunci yang sama.

Apakah fitur PayLater ada di SMS Perkasa?

Ya, sekarang fitur PayLater juga sudah hadir di SMS Perkasa loh! Jangan khawatir, karena pihak yang memfasilitasi fitur SMSP PayLater adalah Modalku, yang sudah berizin di Otoritas Jasa Keuangan atau OJK. Seperti yang tadi sudah disampaikan di atas, menggunakan fitur PayLater di SMS Perkasa juga dapat menguntungkan Perkasa Partner lho, karena harga besi lagi naik terus. Jadi, admin sarankan bagi Perkasa Partner yang ingin membeli produk besi tapi masih belum mempunyai uang yang cukup untuk tetap segera melakukan transaksi, dan hal ini bisa dilakukan dengan fitur ini, karena menunda-nunda malah akan berakibat terkena harga yang lebih mahal di kemudian hari.

So, tunggu apa lagi? Segera konsultasikan kebutuhan besi Anda dengan tim kami ya! Bila ada pertanyaan seputar penggunaan PayLater di SMS Perkasa juga jangan sungkan untuk menghubungi tim kami, ya 🙂

back to top