Besi CNP: Bahan, Ukuran, Fungsi, Keunggulan

Besi CNP

Perkasa Partner pasti sering mendengar material besi jenis CNP disebut berulang kali, terutama dalam konteks dunia konstruksi pembangunan. Namun, mungkin Anda masih ragu dengan apa sih yang dimaksud dengan besi CNP, berapa sajakah ukuran yang tersedia, apa saja fungsinya, keunggulannya, dan juga bahan bakunya, yuk baca artikel di bawah ini untuk mencari tahu lebih lanjut!

Pengertian

Besi CNP juga sering disebut sebagai Kanal C, C-channel, atau Profil C. Sesuai dengan namanya, bisa kita duga bahwa besi ini memiliki bentuk yang menyerupai huruf C. Besi ini juga merupakan besi yang memiliki ukuran yang panjang.

Baca juga: Perbedaan CNP dan UNP, Apa Saja Sih?

Bahan

Karena kegunannya yang banyak ditemukan di dunia konstruksi, terutama dalam menopang beban yang berat, tentu besi Kanal C tidak terbuat dari bahan yang mudah rapuh. Bahan baku besi Kanal C sendiri adalah besi plat. Lantas, bagaimana besi plat bisa berubah menjadi besi Kanal C? Jawabannya adalah karena plat koil yang digunakan akan dibentuk menggunakan metode cutting atau bunding sehingga bisa membentuk huruf C, dan voila! Jadilah besi Kanal C.

Ukuran

Besi CNP memiliki banyak ukuran yang diminati oleh sebagian besar orang. Biasanya ukuran besi CNP yang sering dijual oleh distributor besi yakni CNP 75, 100, 125, 150, 200. Adapun jenis material ini hanya memiliki panjang sebesar 6 meter.

besi CNP

Fungsi

1. Penutup Dinding

Kadang kita bisa menemukan dinding yang ditutup oleh sesuatu yang tampak seperti logam. Jika Anda melihat penutup dinding seperti itu, maka pada umumnya bahan yang digunakan adalah besi Kanal C.

2. Rangka Atap Bangunan

Pada umumnya, bagian rangka atap bangunan yang menggunakan besi CNP bisa Anda temui di kawasan gedung, pabrik, atau gudang. Besi ini dipasang menyerupai 2 sisi samping pada segitiga untuk menopang atap dari bangunan gedung, pabrik, atau bangunan.

3. Purlin atau Balok Dudukan Penutup Atap

Besi Kanal C sering digunakan sebagai purlin karena dinilai kokoh dan bisa menopang berat benda di atasnya.

4. Pagar

Banyak orang memilih untuk menggunakan besi kanal C sebagai bahan untuk membuat pagar, terutama pagar yang tinggi karena besi ini terkenal sebagai besi yang kokoh dan memiliki ketinggian serta bentuk yang pas untuk difungsikan sebagai pagar panegaman.

Keunggulan

Besi CNP memiliki beberapa keunggulan dibandingkan produk lainnya, yakni:

1. Mudah Dipasang

Bentuk huruf C yang dimiliki oleh besi Kanal C membuatnya menjadi mudah dipasang dan pembuatan besinya pun juga bisa disesuaikan dengan dimensi yang dibutuhkan.

2. Kuat dan Kokoh

Material ini terbuat dari campuran karbon, kromium, nikel, aluminium, dan bahan kuat lainnya, sehingga tidak heran jika material ini sangat cocok untuk memenuhi berbagai keperluan pembangunan.

3. Tahan Karat dan Antirayap

Seperti yang sudah disebutkan di poin sebelumnya, besi Kanal C terbuat dari berbagai bahan yang kuat dan berkualitas. Hal itu juga membuat besi Kanal C menjadi bahan yang tidak mudah berkarat dan antirayap.

Gimana, Perkasa Partner? Apakah Anda jadi tertarik untuk membeli besi CNP? Atau masih ingin tanya-tanya lebih lanjut mengenai harga besi CNP? Yuk jangan ragu untuk menghubungi tim kami untuk mengkonsultasikan kebutuhan anda. Kami siap melayani.