Rumah Atsiri Indonesia | Fasilitas dan Arsitektur Bangunan

Rumah Atsiri Indonesia

Perkasa Partner sedang mencari tempat wisata untuk liburan? Atau liburan sekalian belajar hal baru? Rumah Atsiri Indonesia bisa menjadi pilihan tempat wisata untuk Perkasa Partner loh. Dibuka sejak tahun 2018 dan terletak di sekitar pabrik Citronella Indonesia-Bulgaria yang telah diperbaiki kembali dari tahun 1963. Saat ini lokasi ini menjadi tempat dari berbagai kegiatan yang berkaitan dengan pendidikan, penelitian dan pengembangan minyak atsiri, serta kegiatan produksi. Kompleks Rumah Atsiri Indonesia memiliki luas 5 hektar yang dipenuhi dengan tanaman minyak atsiri dan tanaman hijau.

Rumah Atsiri Indonesia merangkul komunitas lokal, lingkungan, dan pemberdayaan desa Plumbon untuk bekerja sama dengan tujuan utama meremajakan dan membiasakan pengunjung dengan atsiri. Sebagai destinasi tematik yang berfokus pada essential oil, tempat ini juga menyuguhkan pengalaman edu-recreation yang diwarnai pemandangan Gunung Lawu yang mempesona dan keramahan masyarakat Desa Plumbon, Tawangmangu.

Berbagai program juga dapat anda ikuti jika berlibur disini seperti kelas, dan pusat pembelajaran yang dapat mempelajari segala sesuatu tentang minyak atsiri. Selain belajar di kelas, Perkasa Partner dapat menikmati berbagai fasilitas lainnya yang disediakan seperti berikut ini!

Fasilitas Rumah Atsiri Indonesia

Tempat ini sangat memprioritaskan pendidikan di setiap programnya. Sehingga banyak kegiatan positif dan bermanfaat yang akan Perkasa Partner dapatkan. Berikut ini adalah informasi seputar apa saja fasilitas yang ada disana!

1. Taman Koleksi Rumah Atsiri

Tanaman Minyak Atsiri
Tanaman Minyak Atsiri (Sumber: rumahatsiri.com)

Memiliki lebih dari 80 tanaman minyak atsiri dari Indonesia dan luar negeri, taman ini memiliki koleksi tanaman minyak atsiri yang beragam. Anda dapat mencium atau merasakan beberapa tanaman dengan memberi tahu pemandu terlebih dahulu agar dapat membantu anda untuk memutuskan kulit kayu, daun, atau kelopak mana yang akan dipetik. Di dalam taman koleksi juga terdapat rumah kaca yang dirancang sebagai taman dalam ruangan di pagi hari dan akan diubah menjadi tempat makan pribadi di malam hari. Terdapat juga Plasa Marigold yang berfungsi sebagai meeting point yang dipenuhi bunga marigold yang mekar sebulan sekali selama dua minggu. 

2. Museum Rumah Atsiri

Museum Rumah Atsiri
Museum Rumah Atsiri (Sumber: rumahatsiri.com)

Sejarah minyak atsiri dimulai sejak 2.000 SM, dan di Museum ini, Anda dapat mengikuti perjalanan bagaimana minyak atsiri pertama kali ditemukan dan bagaimana penyebarannya ke seluruh dunia khususnya di Indonesia. Museum ini juga menyimpan beberapa peralatan dan alat asli yang digunakan untuk memproduksi minyak atsiri.

3. Laboratorium

Kegiatan di Laboratorium Rumah Atsiri Indonesia
Kegiatan di Laboratorium Rumah Atsiri Indonesia (Sumber: rumahatsiri.com)

Laboratorium Rumah Atsiri adalah lab sains yang memiliki fasilitas lengkap untuk berbagai kegiatan, kursus, dan program terkait minyak atsiri. Lab ini sangat cocok untuk siswa TK hingga SMA. Selain itu, ada program kurikulum mitra sekolah, dan kursus musiman untuk tamu yang datang langsung. Laboratorium ini memberi setiap orang kesempatan untuk bereksperimen dengan minyak esensial dan merasakan ‘chemistry’.

4. Restoran

Restoran di Rumah Atsiri Indonesia
Restoran di Rumah Atsiri Indonesia (Sumber: Rumahatsiri.com)

Dengan pemandangan marigold yang bermekaran di Marigold Plaza, Restoran ini menyajikan masakan Indonesia dan internasional, diwarnai dengan rempah-rempah segar yang dipetik dari kebun.

5. Teater dan Meeting room

Fasilitas Ruang Pertemuan dan Teater di Rumah Atsiri Indonesia
Fasilitas Ruang Pertemuan dan Teater di Rumah Atsiri Indonesia (Sumber: Rumahatsiri.com)

rumahatsiri.com

Salah satu fasilitas yang belum tentu di tempat wisata lain ada yaitu teater dan ruang pertemuan. Teater Palmarosa dirancang khusus untuk acara dan seni pertunjukan. Saat ini rumah atsiri memiliki total 8 ruang pertemuan yang cocok untuk acara pribadi maupun rapat perusahaan. Setiap ruangan dapat menampung 25 hingga 100 orang dengan konsep berdiri, gaya teater, dan gaya ruang kelas.

Arsitektur Bangunan

Rumah Atsiri Indonesia (Sumber: Rumahatsiri.com)

Arsitektur pabrik minyak atsiri yang didirikan pada tahun 1963 ini merupakan simbol diplomasi antara dua negara, Indonesia dan Bulgaria. Merupakan bangunan yang juga menjadi bukti kejayaan minyak atsiri Indonesia di pasar global.

Detail bangunan memainkan peran penting untuk memperkuat identitas bangunan. Di area parkir, terdapat perbedaan bentuk paving rumah atsiri dengan paving pada umumnya yang berbentuk balok. Bentuk paving yang berbeda ini juga dapat ditemukan pada rangka kursi restoran dan pilar pojok, restaurant, pada petak tanaman di Marigold Plaza, dan pada logo Rumah Atsiri itu sendiri. Bentuk paving yang khas ini berawal dari bentuk blok ventilasi–sekat antar ruang dalam ruangan yang berfungsi sebagai lubang sirkulasi udara dan penerangan–pada bangunan lama.

Rumah Atsiri Indonesia saat ini merupakan pabrik berusia 50 tahun yang telah direnovasi dengan sentuhan modern dengan tetap mempertahankan desain asli bangunannya. Penghidupan kembali rumah-rumah terpenting di Indonesia dilakukan dengan metode penjajaran kontekstual. Bangunan asli yang menjadi identitas tempat tetap dipertahankan, namun juga dihadirkan tanpa merusak bangunan aslinya. Anda dapat membedakan model lama dan baru dari bahan yang digunakan. Desain lama yaitu bangunan utama kebanyakan menggunakan beton dan besi, sedangkan yang baru menggunakan baja, kayu dan kaca.

Nah, itu tadi merupakan informasi mengenai arsitektur bangunan di Rumah Atsiri Indonesia. Untuk membangun sebuah konstruksi bangunan Perkasa Partner membutuhkan material besi yang berkualitas agar bangunan dapat bertahan lama. Besi beton adalah salah satu material yang menentukan kuat tidaknya sebuah bangunan. Oleh karena itu, pilihlah besi beton SNI agar kualitas bangunan Anda terjamin ketahanannya.

Bagikan sekarang