Konstruksi Bangunan Tahan Banjir yang Wajib Anda Ketahui!

Banjir

Siapa yang tidak ingin memiliki konstruksi bangunan tahan banjir? Pasti Perkasa Partner ingin memiliki bangunan yang aman dari segala kondisi terutama banjir bukan? Tahukah anda, banjir menjadi bencana alam yang hampir setiap tahun terjadi di Indonesia. Oleh karena itu, kita patut was-was dan mempersiapkan segala kemungkinan yang diakibatkan oleh banjir ini dan mengetahui prediksi musim hujan yang terjadi di Indonesia.

Prediksi Musim Hujan di Indonesia

Menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan bahwa, musim hujan diperkirakan akan datang lebih awal dan puncak musim hujan 2022/2023 di Indonesia akan terjadi pada bulan Desember 2022 hingga Januari 2023. Dalam periode yang sama juga terdapat dua fenomena alam yaitu fenomena La Nina dan fenomena Indian Ocean Dipole (IOD) yang menyebabkan meningkatnya curah hujan di Indonesia. 

Jadi, dengan adanya keadaan tersebut, Perkasa Partner diimbau tetap waspada karena akan memasuki musim hujan yang lebih awal dari biasanya dan mengalami musim hujan yang lebih basah dari normalnya. Selain itu, ada baiknya Anda mempersiapkan penanganan dan mitigasi kemungkinan terjadinya banjir dan melakukan pemeliharaan terhadap konstruksi bangunan Anda agar tetap aman. Penasaran dengan apa saja yang harus dipersiapkan agar konstruksi bangunan Anda bisa tahan banjir? Yuk simak informasi berikut ini!

Apa Saja yang Harus Dipersiapkan?

Bencana banjir sering menyebabkan bangunan kita menjadi rusak. Jadi, mau tidak mau hal ini menjadi alasan utama untuk merenovasi bangunan. Banjir memang tidak dapat dihindari, tetapi Anda bisa meminimalisir dampak kerusakan yang diakibatkan oleh banjir dengan melakukan langkah-langkah yang preventif. Berikut ini terdapat beberapa cara yang yang bisa anda terapkan untuk menyelamatkan bangunan anda dari banjir.

Pastikan Memiliki Pondasi Bangunan yang Tinggi

Salah satu cara yang paling mudah dan sederhana untuk menghadapi banjir adalah memiliki pondasi bangunan yang tinggi. Hal ini bisa anda lakukan ketika akan membangun sebuah konstruksi baru atau dalam rangka renovasi. Untuk mengetahuinya, anda sebaiknya mencari titik tertinggi banjir yang ada di wilayah bangunan anda. Jadi, sebelum mendirikan bangunan anda bisa memperhatikan risiko buruk pada saat terjadi banjir. Sebagai referensi Anda dapat memperhatikan contoh desain konstruksi bangunan yang menggunakan pondasi tinggi sebagai berikut.

1. Pondasi Batu Kali dan Foot Plat

Pondasi batu kali dan foot plat biasanya diterapkan pada bangunan 2 lantai atau lebih, yang mana kaki-kaki beton dengan lebar tertentu dijadikan sebagai struktur utama. Struktur utama ini adalah struktur yang menahan beban vertikal hingga ke bagian tanah. Kemudian struktur ini diikat menjadi satu kesatuan penyalur beban dengan Sloof Beton. 

Untuk membangun jenis pondasi ini material utamanya adalah besi beton. Besi beton digunakan sebagai kerangka struktur pondasi karena memang terbukti memiliki daya ikat dan kekuatan yang paling baik. Ingin membeli besi beton berkualitas SNI? Kunjungi website kami sekarang juga!

2. Pondasi Cakar Ayam

Banyak yang menyebut bahwa pondasi cakar ayam dan pondasi foot plat ini sama, namun kedua pondasi ini sebenarnya berbeda. Perbedaan kedua jenis pondasi ini terletak pada bentuk strukturnya. Pondasi cakar ayam merupakan pondasi yang terinspirasi dari akar pohon kelapa yang tetap kuat menahan beban meskipun tumbuh diatas struktur tanah yang lunak. Jenis pondasi cakar ayam ini sangat cocok digunakan untuk konstruksi bangunan yang berdiri diatas tanah lunak. 

Buatlah Bangunan Rumah yang Tinggi

Cara yang paling mudah dan sederhana untuk menanggulangi dampak negatif dari banjir adalah meninggikan bangunan yang anda miliki. Untuk anda yang menempati bangunan baru, sebaiknya anda mencari informasi terlebih dahulu terkait wilayah yang anda tempati. Terutama pada wilayah yang berada di sekitar aliran sungai atau laut yang sering mengalami permasalahan banjir. Beberapa contoh desain bangunan yang tinggi adalah desain rumah eropa, desain rumah pilar beton, dan desain rumah bertingkat.

Selain desain rumah bertingkat, desain rumah pilar beton bisa anda jadikan inspirasi untuk membangun rumah yang tahan terhadap banjir loh. Selain terlihat estetik, minimalis, dan elegan desain rumah pilar beton kuat menahan arus dan tidak mudah tersapu banjir. Desain rumah seperti ini biasanya memiliki desain pilar persegi panjang sebagai penyangga rumah yang terbuat dari material beton dengan kerangka dari besi beton. Bagaimana Perkasa Partner apakah anda tertarik menggunakan desain rumah pilar beton ini? Jika anda tertarik jangan lupa untuk memperhatikan kualitas material bangunan yang anda pilih ya, karena kualitas dari material bangunan menentukan kekuatan bangunan dan keselamatan anda sebagai penggunanya. 

Buat Jalur Pembuangan Khusus 

Membuat jalur pembuangan khusus juga harus diperhatikan loh Perkasa Partner, karena jika banjir datang tiba tiba anda akan menjadi lebih tenang. Seringkali, masyarakat menyepelekan untuk membuat jalur pembuangan khusus ini dan hanya mengandalkan pada saluran air dan gorong-gorong. Kesalahan ini bisa menjadikan aliran air tidak berjalan sebagaimana mestinya, sehingga berdampak buruk bagi bangunan dan rawan mengalami kerusakan yang diakibatkan oleh banjir. 

Solusi untuk mengatasi permasalahan ini adalah dengan membangun jalur pembuangan khusus yang fungsinya untuk menyedot air. Cara ini dinilai ampuh untuk mengatasi masalah genangan air yang tidak bisa mengalir sebagaimana mestinya. Selain itu, anda juga bisa menggunakan pompa air khusus yang dapat menyedot dan membuang limpahan air. Cara ini bisa anda gunakan untuk meminimalisir kerusakan bangunan ketika banjir. 

Bangun Taman di Area Bangunan

Dengan adanya taman dengan rumput memberi manfaat bagi Perkasa partner terutama pada saat musim hujan dengan volume tinggi yang kemungkinan besar akan mengakibatkan banjir. Tidak hanya mempercantik bagian eksterior sebuah bangunan, tumbuhan dan rumput ini juga memiliki kemampuan untuk menyerap air sangat baik, sehingga pada saat terjadinya banjir, air akan lebih cepat diserap ke dalam tanah. Agar lebih memaksimalkan fungsi taman ini, anda disarankan untuk membuat taman dengan kondisi tanah yang miring. Cara ini dilakukan agar air lebih cepat mengalir ke lokasi pembuangan seperti gorong-gorong. 

Selain itu, anda juga harus selektif dalam memilih jenis tanaman dan rumput yang akan anda tanam. Sebaik mungkin anda menggunakan tanaman  dan rumput yang daya tahannya tinggi disegala kondisi cuaca. Untuk media tanamnya anda bisa menggunakan jenis pasir yang berat atau tanah liat agak padat, sehingga bagian ini tidak mudah tersapu oleh air yang datang pada saat banjir. 

Pakailah Material Bangunan yang Berkualitas

Material bangunan yang tahan banjir adalah material yang tahan terhadap air banjir kurang lebih selama 72 jam tanpa kerusakan yang berarti. Untuk mencegah kerusakan yang signifikan akibat banjir, konstruksi bangunan anda harus terbuat dari bahan yang tahan lama terhadap kelembaban. Contohnya seperti beton, bata berlapis kaca, ubin keramik, sel tertutup, dan isolasi busa, baja, kayu lapis, lem tahan air, cat epoksi poliester dan masih banyak lagi. 

Hal Yang Harus Dihindari Jika Bangunan Anda Berada di Kawasan Rawan Banjir

Indonesia adalah salah satu negara yang sering mengalami musibah banjir dengan kapasitas beragam mulai dari banjir ringan, sedang hingga banjir bandang. Terlebih lagi, banjir tidak bisa diperkirakan datangnya. Untuk mengurangi resiko yang diakibatkan oleh banjir konsep dari bangunan anda juga harus disesuaikan. Oleh karena itu, yuk simak apa saja hal-hal yang harus dihindari jika bangunan anda berada di kawasan rawan banjir!

Hindari Konsep Ruangan Bawah Tanah

Jika bangunan anda berada di kawasan yang rawan banjir, anda juga harus memperhatikan konsep desain bangunan anda. Seperti yang dijelaskan pada informasi sebelumnya, buatlah bangunan yang tinggi sehingga air banjir tidak mudah masuk kedalam bangunan anda. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk menghindari menggunakan desain ruangan dibawah tanah jika lokasi bangunan anda rentan banjir. 

Faktor kenyamanan rumah menjadi hal yang paling penting diperhatikan, oleh karena itu sebelum memperhatikan desain eksterior dan interior bangunan Anda terlebih dahulu membuat konstruksi yang kuat dan tahan terhadap banjir. Untuk membuat konstruksi yang kuat dan tahan dalam segala kondisi tentunya membutuhkan produk besi berkualitas. SMS Perkasa adalah toko besi andalan yang menyediakan berbagai macam produk besi dan baja untuk konstruksi bangunan Anda. Tunggu apalagi? Segera hubungi Tim Sales Kami untuk mendapatkan penawaran besi yang menarik hanya untuk anda!

Bagikan sekarang